Timnas U-16 kalahkan Singapura dengan skor 2-0

indosport.com

Chonburi (KANALACEH.COM) – Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-16 berhasil meraih kemenangan perdana sekaligus terakhir di babak penyisihan Grup A Piala AFF U-15 2017 pada Senin (17/7) sore WIB. Anak Asuh Fakhri Husaini itu sukses mengatasi Singapura dengan skor 2-0.

Kemenangan ini juga memastikan Indonesia berada di peringkat kelima klasemen akhir Grup A dengan poin 4. Sementara kekalahan ini membuat Singapura harus puas menjadi juru kunci tanpa meraih poin satu pun.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Pada awal babak pertama, kedua tim mencoba untuk saling membaca permainan lawan masing-masing. Indonesia dan Singapura saling berusaha menjebol pertahanan dari kedua tim.

Namun, Singapura lebih inisiatif mengambil serangan dengan menciptakan beberapa peluang. Singapura pun hampir mendapatkan peluang emas mencetak gol setelah penyerangnya tinggal berhadapan dengan Hafizd di kotak penalti. Beruntung aksi tersebut dinyatakan offside oleh wasit.

Indonesia terus mengalami tekanan. Hal itu terbukti dari beberapa kali tim Garuda Asia hanya sesekali menyerang melalui skema serangan balik. Brylian Aldama dan kawan-kawan masih tampak kesulitan untuk menerobos pertahanan lawan.

Hingga akhirnya peluang emas didapat Indonesia pada menit 20. Ahmad Rosadi hampir membuat gol setelah mendapat peluang melakukan tembakan keras. Sayang tendangannya tersebut melambung ke atas gawang.

Pada menit 25, Singapura hampir membuat keunggulan setelah mendapat peluang dari tendangan bebas. Bola yang dilesakkan pemain Singapura nyaris menjebol gawang, karena bola tersebut terpeleset dari tangan Hafizd. Beruntung bola tersebut berhasil dicegah langsung oleh Hafizd dan keluar dari area kotak penalti.

Menjelang akhir babak pertama, Indonesia secara sepenuhnya menguasai jalannya pertandingan. Melakukan pergantian pemain, membuat permainan Merah Putih menjadi lebih hidup. Namun, hingga peluit babak pertama dibunyikan skor tak berubah. Kedudukan 0-0 bagi kedua tim.

Babak Kedua

Babak kedua berjalan, Indonesia langsung mengambil inisiatif serangan. Baru berlangsung lima menit, Garuda Asia hampir membuat gol lewat peluang emas dari Miftahul Husain. Berhasil melewati kiper Singapura, sayang bolanya hanya tipis meleset dari gawang Zi Jie.

Indonesia mendapat peluang melalui tembakan keras Brylian Aldama di menit 48. Sayang tendangan kerasnya tersebut berhasil ditepis Zi Jie dan melambung ke atas gawang Singapura.

Tim Merah Putih pun terus menggempur pertahanan Singapura. Brylian dan Yudha Febrian beberapa kali melakukan tembakan keras yang dilakukan dari luar kotak penalti.

Akhirnya gol tercipta di menit 54. Kali ini Brylian berhasil menembus gawang Singapura lewat aksi satu dua sentuhan para pemain Indonesia. Pemain bernomor punggung 8 itu sukses melakukan finishing touch dengan baik melalui penempatan bola yang menipu Zi Jie. Skor berubah menjadi 1-0.

Brylian Aldama kembali mencetak gol kedua bagi Indonesia pada menit 60. Ia berhasil membuat gol setelah mendapat umpan dari sayap kiri untuk diselesaikan dengan baik. Tembakannya ke arah kiri gawang Singapura yang dilepaskan dari luar kotak penalti pun tak mampu terbendung. Indonesia unggul 2-0.

Unggul 2-0 tak membuat serangan skuad anak asuh Fakhri Husaini mengendur. Peluang terus tercipta dari kaki-kaki para pemain Indonesia. Salah satunya melalui aksi David Maulana yang tembakan kerasnya harus membentur tiang gawang. Namun hingga babak kedua berakhir, skor pun tak berubah. Indonesia memenangi laga dengan skor 2-0.

Susunan Pemain

Timnas Singapura: Zi Jie, M. Naufal, M. Syafiq, Rahmat, Sanizal, Rosni, Ahmad, Qayyum, Amin Nah, Joffrey, Siregar

Timnas Indonesia: Hafizd, Yudha Febrian, Ahmad, Brylian, Rendy, Miftahul Husyen, Miftakhul Septa, M. Uchida, Fadilah, Yadi, Alsyah.[Okezone]

Related posts