Wabup pompa semangat minat baca siswa se-Aceh Utara

(ist)

Lhokseumawe (KANALACEH.COM) – Wakil Bupati (Wabup) Aceh Utara, Fauzi Yusuf membuka secara resmi kegiatan publikasi dan sosialisasi minat baca siswa tingkat SMP dan SMA se- Kabupaten Aceh Utara yang diselenggarakan oleh dinas perpustakaan dan kearsipan, di Gedung ACC Universitas Malikussaleh, Kamis (20/7).

Wakil Bupati Aceh Utara Fauzi Yusuf mengatakan, menyambut baik dan mendukung sepenuhnya diselenggarakannya kegiatan tersebut dan diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat menyatukan visi dan persepsi untuk membangkitkan minat baca anak-anak dalam membentuk sumber daya manusia (SDM) yang cerdas dan berilmu pengetahuan. Sehingga, katanya, nantinya dapat mendukung terwujudnya visi dan misi Kabupaten Aceh Utara hingga periode 2022 mendatang.

Dikatakannya lagi, budaya membaca merupakan persyaratan yang sangat penting dan mendasar harus dimiliki oleh setiap warga negara apabila ingin bangsa yang maju. Melalui budaya baca, katanya, mutu pendidikan dapat ditingkatkan sehingga pada gilirannya dapat meningkatkan kualitas SDM, dan melalui budaya pulalah pendidikan seumur hidup dapat diwujudkan.

“Karena dengan kebiasaan membaca seseorang bisa mengembangkan diri sendiri secara terus menerus sepanjang hidupnya, dalam era informasi saat ini mustahil kemajuan dapat dicapai oleh suatu bangsa jika bangsa tersebut tidak memiliki budaya baca yang tinggi,” ucapnya.

Dirinya juga mengajak untuk menumbuhkembangkan kegemaran membaca dan kecintaan terhadap budaya lokal sebagai upaya memperkokoh persatuan dan kesatuan, apabila setiap orang memiliki kebutuhan membaca maka akan terbentuk masyarakat membaca yang merupakan persyaratan mutlak bagi sebuah negara yang ingin maju.

“Kebiasaan membaca hendaknya dikembangkan secara umum pada masyarakat luas. Saya juga berharap kepada anak-anak kami dan para guru pedamping untuk serius dan sungguh-sungguh mengikuti acara ini,” harapnya. [Rajali Samidan]

Related posts