Wabup Aceh Utara buka kegiatan Komsos TNI-KB Kesehatan

Wabup Aceh Utara buka kegiatan Komsos TNI-KB Kesehatan
(Ist)

Lhoksukon (KANALACEH.COM) – Wakil Bupati Aceh Utara resmi membuka pelaksanaan kegiatan Komunikasi Sosial TNI-KB Kesehatan (TMKK) tingkat Kabupaten Aceh Utara tahun 2017 di lapangan upacara Kecamatan Samudera, Selasa (25/7).

Kegiatan tersebut untuk meningkatkan percepatan capaian sasaran program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga (KKBPK).

Wakil Bupati Aceh, Utara Fauzi Yusuf atau akrab disapa Sidom Peng dalam sambutannya mengapresiasikan pelaksanaan kegiatan tersebut yang dinilainya sangat bermanfaat bagi masyarakat.

Melalui kegiatan ini, Sidom Peng mengharapkan agar masyarakat dapat terlayani dengan baik sehingga keluarga akan menjadi sehat, sejahtera dan berkualitas. Angka pertumbuhan penduduk yang tinggi tanpa diimbangi dengan percepatan pertumbuhan ekonomi, katanya, akan menimbulkan kemiskinan dan keterbelakangan.

Menurutnya, kini keadaan telah berubah dan terus berkembang banyak anak-anak dan penduduk yang besar akan membawa manfaat jika memiliki kualitas sumber daya yang tinggi.

Namun, katanya, jika kualitas penduduk rendah maka penduduk yang besar dan anak yang banyak itu akan berubah menjadi beban dan rasanya sulit untuk menjadi keluarga sejahtera karena pendapatan keluarga yang kecil harus menanggung beban yang besar, sebab untuk membiayai pendidikan dan kebutuhan rumah tangga lainnya.

“Sumber daya manusia yang berkualitas itu akan melahirkan manusia-manusia yang kreatif, inovatif dan dinamis, merekalah yang mampu merespon setiap perubahan dan mampu memanfaatkan setiap peluang strategis menuju hidup mandiri dan sudah pasti berkualitas, karena menjadi orang sehat sudah pasti perlu kesiapan gizi,” ungkapnya.

Dikatakannya lagi, di Indonesia ada Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) yang bertugas menangani persoalan kependudukan, namun karena wilayah yang sangat luas dan keterbatasan jumlah personel maka BKKBN tidak mungkin mampu melaksanakan tugasnya sendiri oleh karenanya BKKBN harus bekerjasama dengan elemen di Negeri ini.

“Salah satu kemitraan yang dilakukan BKKBN adalah kerjasama dengan TNI sejak awal tahun 2009 silam, bentuk kerjasama ini berupa dukungan personil TNI untuk melakukan sosialisasi program-program kependudukan, termasuk revitalisasi keluarga berencana di kalangan pasangan usia subur,” ujarnya.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Komandan Kodim 0103 Lilawangsa, Ketua Penggerak PKK Kabupaten Aceh Utara, para SKPK, Muspika Samudera, serta ratusan masyarakat dan tamu undangan lainnya. [Aidil/rel]

Related posts