2 jenis penyakit yang mengintai para calon jamaah haji

Petugas medis merawat seorang jemaah haji yang sakit saat tiba di Tanah Air, di Bandara Internasional Juanda, Surabaya, di Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu (18/9). (Antara Foto)

Jakarta (KANALACEH.COM) – Para jemaah calon haji Indonesia harus mewaspadai penyakit bawaan yang diderita dan penyakit menular yang bisa didapat saat berada di lokasi ibadah haji.

“Ada dua kelompok, yaitu penyakit yang memang dibawa dari Tanah Air, dan penyakit yang didapat ketika di Arab Saudi. Jika tidak dikendalikan dengan sangat baik, bisa bertambah parah, jamaah sakit berat, dan menyebabkan kematian,” kata Kepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan Eka Jusup Singka dilansir laman Tempo.co, Rabu (26/7).

Eka memaparkan bagi calon jamaah yang sudah mengidap penyakit seperti diabetes, hipertensi, dan penyakit jantung bisa berpotensi bertambah parah saat di Arab Saudi mengingat kondisi yang terjadi di lapangan.

Oleh karena itu perlu dikendalikan dengan tidak beraktivitas terlalu lelah, seperti bepergian atau melaksanakan ibadah sunah yang menguras tenaga sehingga bisa berdampak pada kondisi kesehatan.

Sementara untuk penyakit yang bisa didapatkan di Arab Saudi, Eka menjelaskan beberapa contohnya, seperti MERS-CoV yang merupakan penyakit saluran pernapasan akibat virus dari binatang yang terkontaminasi.

“Biarpun orangnya kuat, tapi di sana ketika terkena virus ini tetap saja sakit,” kata Eka.

Oleh karena itu disarankan jamaah tidak bermain-main dengan hewan di Arab Saudi.

Selain itu penyakit lain yang paling umum diderita oleh jamaah haji ialah heat strokeatau serangan stroke akibat terpapar sengatan sinar matahari.

Suhu Arab Saudi yang lebih tinggi dibanding Indonesia bisa menyebabkan heat stroke. Jamaah diharapkan memenuhi kebutuhan hidrasi tubuh setiap waktu dan menjaga dari sengatan sinar matahari langsung.

Ada juga potensi penyakit lain, yaitu kolera yang sedang menjadi kejadian luar biasa di negara Yaman yang berdekatan langsung dengan Arab Saudi.

Penyakit kolera merupakan penyakit yang cepat menular apabila seseorang tidak menjaga kebersihan tubuh dan sanitair secara baik.

Agar tak sakit, para jamaah diminta untuk menjaga kebersihan dengan mencuci tangan sebelum makan atau setelah buang air besar atau menggunakan sanitair tempat umum.

Jangan lupa menjaga pula kebersihan makanan dan minuman yang dikonsumsi. “Beli buah yang ada kulitnya seperti pisang, yang tidak dimakan langsung,” kata Eka. []

Related posts