Gagal panen, petani jual padi Rp 20 ribu/karung

salah seorang petani memotong padi yang gagal panen untuk dijual ke peternak lembu. (Kanal Aceh/Randi)

Aceh Besar (KANALACEH.COM) – Petani di sejumlah wilayah di Aceh Besar mulai menjual padi yang gagal panen akibat kemarau panjang melanda daerah tersebut. Padi tersebut dijual sekitar Rp 20 Ribu per karung.

Seorang petani di Gampong Kayee Lheue, Kecamatan Ingin Jaya, Anwar mengatakan, ia terpaksa menjual padi tersebut ke peternak lembu karena dipastikan sudah puso. “Yang sudah mati (padi) kita jual perkarung itu sekitar Rp 20 ribu,” katanya saat dijumpai diareal perswahan miliknya.

Dikatakannya, tidak semua petani yang menjual padi gagal panen itu. Ada juga sebagian yang tidak menjual lantaran umur padinya masih pendek.

Namun, kata dia, apabila dalam seminggu ini hujan tidak turun dipastikan padi tersebut akan gagal panen total. “Sebagian masih mempertahankan, karena masih bisa hidup apabila dalam minggu ini turun hujan,” ujarnya.

Alasan ia menjual padi tersebut untuk menutupi kerugiannya akibat padi tersebut gagal di panen. Untuk itu, ia berharap hujan segera turun agar padi miliknya yang masih tersisa bisa dipanen. [Randi]

Related posts