Dampak kabut asap, 241 warga Aceh Barat terkena ISPA

Dilanda kabut asap, 23 warga Aceh Barat menderita ispa
Ilustrasi. (greneers)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Dampak dari kebakaran lahan dan hutan di enam Kecamatan di Aceh Barat menyebabkan kabut asap yang saat ini sudah memasuki sebagian kota Meulaboh. Akibatnya sebanyak 241 warga terkena Inspeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA).

Dari data yang diperoleh dari BPBA Jumat (28/7), warga yang terkena ISPA tersebar di Kecamatan Johan Pahlawan 61 orang, Suak Ribee 21 orang, Meureubo 31 orang, Kawai XVI 72 orang, Samatiga 15 orang, Woyla 12 orang, Arongan Lambalek 10 orang dan yang dirujuk ke RSUD Cut Nyak Dhien 4 orang. Dari data tersebut belum ada korban jiwa.

Kepala Dinas Kesehatan Aceh Barat, dr Zafril Luthfi, di Meulaboh, Kamis, mengatakan, dalam upaya penanggulangan kesehatan agar tidak membludak, pihaknya telah membagi lebih dari 30.000 masker kepada masyarakat di daerah tersebut.

“Sampai tadi siang (Kamis) korban terdampak usia di bawah lima tahun sebanyak 124 orang dan usia di atas lima tahun 117 orang, rata-rata terkena Ispa. Ispa itu sebenarnya setiap hari ada, tapi ini trennya sangat meningkat,” katanya seperti dikutip dari Antara.

Kebakaran itu bermula saat masyarakat membersihkan lahan dengan cara membakar, sehingga api menyebar ke lahan lain, titik  api sudah mulai terlihat sejak tanggal 18 juli 2017, serta sampai dengan saat ini para pihak yang terlibat sudah berusaha semaksimal mungkin untuk melakukan pemadaman.

Adapun upaya yang telah dilakukan oleh BPBD dan seluruh pihak yang terlibat sampai saat ialah memberian masker kepada masyarakat dan penguna jalan, serta pelajar sekolah. Pengerahan armada pemadam kebakaran dan pemantauan dari udara dengan Drone.

Kemudian, pengiriman bantuan mesin pompa air/alcon dan petugas damkar dan melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan Kab. Aceh Barat perihal dampak kesehatan masyaraakat dari kebakaran lahan serta sumber daya yang ada.

Hingga saat ini, penanganan kebakaran lahan tersebut masih dilakukan oleh pihak-pihak terkait. [Randi]

Related posts