Ilustrasi - Calon Jamaah Haji (CJH). (Kanal Aceh/Fahzian)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Untuk melayani penerbangan jemaah haji dari Bandara Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang, Aceh Besar, Aceh ke Mekkah, Arab Saudi, Pertamina menambah pasokan avtur. Penambahan ini dilakukan dalam dua fase yaitu saat berangkat dan kepulangan.

Area Manager Communication and Relations Sumbagut, Fitri Erika, mengatakan, penerbangan 11 kloter asal Aceh ke Tanah Suci dimulai fase satu yaitu keberangkatan mulai tanggal 16 Agustus sampai 25 Agustus. Sementara fase 2 yakni kepulangan mulai 6 September hingga 4 Oktober 2017.

Untuk fase keberangkatan, Pertamina rencana penyaluran avtur sebanyak 770 kiloliter dan fase 2 sebesar 1.067 kiloliter. Total penyediaan avtur untuk penerbangan haji nanti sebesar 1.837 kiloliter.

AdsPHP Dev Cloud Hosting

“Fase kedua lebih banyak dari fase satu karena adanya pelayanan untuk pesawat haji yang transit di Bandara SIM,” kata Fitri seperti dikutip dari Detik.com, Sabtu (29/7).

Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Bandara SIM pada fase satu akan mengalami peningkatan penyaluran 84% dari normal 65 kiloliter perhari menjadi 120 kiloliter per hari. Sedangkan di fase dua akan mengalami peningkatan 100 % dari normal 65 kiloliter perhari menjadi 130 kiloliter perhari.

Selain menambah pasokan, Pertamina juga menempatkan tenaga SDM yang berpengalaman di DPPU. Persiapan lain seperti keandalanan sarana fasilitas penyaluran serta kesiapan penyediaan stok avtur juga sudah dilakukan Pertamina.

“Dengan kesiapan yang dilakukan Pertamina diharapkan pelayanan penerbangan Haji dapat berjalan dengan lancar,” ungkap Fitri. []

Ads
Artikel SebelumnyaLamreh pernah menjadi pusat kota Banda Aceh
Artikel SelanjutnyaPemerintah diminta selamatkan Harimau dan Hutan Aceh