Di hutan Aceh, sekitar 100 ekor Harimau yang masih tersisa

Di hutan Aceh, sekitar 100 ekor Harimau yang masih tersisa
Sejumlah LSM dan Pecinta satwa di Banda Aceh menggunakan topeng Harimau dalam aksi Tigerday 2017, di depan masjid Baiturrahman Banda Aceh, Minggu (30/7). (Kanal Aceh/Randi)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Perburuan Harimau Sumatera setiap tahun terus meningkat. Mengakibatkan, Harimau Sumatera, khususnya yang hidup di Hutan Aceh mengalami penurunan jumlah secara drastis.

Rivana Amelia dari Earth Hour Aceh menyebutkan, Aceh masih tercatat memiliki populasi harimau terbanyak di alam liar. Kata dia, sekitar 100 ekor harimau Sumatera di hutan Aceh dari total 371 ekor Harimau yang tersisa di seluruh hutan di Sumatera.

Setiap tahun, lanjutnya, polisi menangkap barang bukti kulit harimau dan tulang-tulang yang diperdagangkan. Sementara modus jual beli harimau hidup juga terpantau melalui internet.

“Harimau makin lama makin berkurang, saat ini hanya tinggal satu spesies lagi,” katanya saat diwawancarai wartawan disela aksi tiger day di depan Masjid Baiturrahman, Banda Aceh, Minggu (30/7).

Untuk itu melalui aksi solidaritas Bersama sejumlah pecinta satwa, pihaknya mendesak Pemerintah Aceh untuk segera menyelamatkan populasi satwa yang dilindungi tersebut.

“Kami juga meminta aparat penegak hukum memberi hukuman yang berat bagi pemburu dan pedagang harimau yang khususnya marak terjadi di Aceh. [Randi]

Related posts