Komisi X DPR RI berharap Sail Sabang 2017 sukses

Sail Sabang 2017 siap digelar
Sail Sabang

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Pergelaran akbar Sail Sabang 2017 sebentar lagi akan dimulai, yakni November hingga Desember 2017 mendatang. Berbagai dukungan positif pun datang dari berbagai pihak. Salah satunya dari Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Komisi X Republik Indonesia.

Dalam kunjungan kerja Komisi X DPR RI ke Aceh, Ketua Komisi X DPR RI Teuku Riefky Harsya mengungkapkan harapannya agar pelaksanaan Sail Sabang 2017 berjalan sukses dan meriah.

Kunjungan kerja Komisi DPR RI bidang pendidikan, olahraga, kebudayaan, pariwisata, dan perpustakaan nasional ini meninjau langsung kesiapan pergelaran Sail Sabang 2017.

“Kita berharap kepada pemerintah dan semua pihak terkait, harus siap melaksanakan kegiatan Sail Sabang, karena Sail Sabang bukan hanya akan dinikmati masyarakat Kota Sabang dan sekitarnya, tapi nanti juga akan menjadi daya tarik bagi wisatawan mancanegara yang akan hadir pada kegiatan tersebut,” ujarnya.

Ia menambahkan, kini Sabang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan nusantara (wisnus) maupun wisatawan mancanegara (wisman).

Maka anggota DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat ini meminta kepada penyelenggara terkait segera menyiapkan berbagai keperluan yang vital dan krusial menjelang pergelaran berlevel internasional itu.

“Agar segera menyiapkan segala keperluannya demi kelancaran acara yang akan berlangsung dalam waktu tidak lama lagi ini. Semoga pelaksanaannya nanti sukses tanpa ada halangan dan kendala apapun,” katanya.

Deputi Pemasaran Mancanegara Kementerian Pariwisata I Gde Pitana dan Plt Asdep Strategi Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata Hariyanto turut hadir dalam kunjungan kerja ini.

Pitana optimis akan pariwisata Aceh yang terus menunjukkan potensinya. Saat ini Industri pariwisata Aceh semakin berkembang seiring dengan semakin meningkatnya keberpihakan Pemerintah Aceh, pelaku industri pariwisata, dan masyarakat terhadap upaya memajukan industri pariwisata di daerah.

Hal ini dapat dibuktikan melalui keberhasilan Aceh sebagai salah satu pemenang pada Kompetisi Pariwisata Halal Nasional (KPHN) dan World Halal Tourism Award (WHTA) 2017 di Abu Dhabi untuk 2 kategori. Antara lain Aceh sebagai Destinasi Budaya Ramah Wisatawan Muslim Terbaik dan Bandara Sultan Iskandar Muda sebagai Airport Ramah Wisatawan Muslim Terbaik.

Menurutnya, keberhasilan Aceh tidak terlepas dari dukungan semua pihak, khususnya masyarakat Aceh dan masyarakat di luar Aceh yang secara suka rela dan bersemangat untuk mempromosikan Aceh sebagai salah satu destinasi wisata Indonesia.

“Untuk itu, perlu kerja sama dan sinergi dengan instansi, lembaga, stakeholder, dan jalinan kerja sama dengan pemerintah kabupaten atau kota di daerah dalam membangun dan memajukan industri pariwisata Aceh. Semangat ini yang membuat Aceh terus maju di dunia pariwisata,” jelasnya.

Perlu diketahui, Menteri Pariwisata Arief Yahya menjelaskan sebentar lagi puluhan kapal yacht akan menjelajahi eksotisme pulau-pulau Indonesia dalam Sail Indonesia 2017 yang sudah dimulai 28 Juli 2017.

Ada 85 yacht yang akan bergabung terbagi dua start atau flag off dari Tual, Maluku sebanyak 56 kapal yang berangkat pada 28 Juli 2017. Lalu ada 29 kapal asal berbagai negara berangkat dari Darwin, Australia berangkat pada 29 Juli 2017 lalu. [CNNIndonesia]

Related posts