Seni debus di penutupan TMMD Gayo Lues pukau ribuan masyarakat

Seni debus di penutupan TMMD Gayo Lues pukau ribuan masyarakat
Pertunjukkan seni debus penutipan TMMD Gayo Lues. (Ist)

Blangkejeren (KANALACEH.COM) – Usai upacara penutupan TMMD Reguler Ke 99 Kodim 0113/Gayo Lues berbagai kesenian budaya masyarakat tampil memukau di hadapan ribuan masyarakat dan tamu undangan di lapangan bola kaki Kecamatan Dabun Gelang, Gayo Lues, Rabu (2/8). Salah seni atraksi yang membuat memukau penonton adalah debus.

Seni Debus merupakan merupakan seni budaya khas Gayo yang aksinya sangat membahayakan bagi pelaku seni debus karena pengunaan peraganya mengunakan senjata tajam berupa pisau, pedang, dan alat tajam lai nya kemudian pelaku seni harus orang terpilih dan sudah terlatih.

Upacara penutupan TMMD yang ditutup oleh Pa staf ahli Pangdam IM bidang Ideologi politik Kolenel Inf Lilik Sutikno saat menyaksikan pagelaran seni debus tampak terpukau dan teropsi oleh atraksi pelaku seni debus yang diperagakan warga Kqmpung Badak.

Tampak saat menyaksikan pagelaran seni debus Kolonel Inf Lilik Sutikno sangat terhibur atas penampilan atraksi seni debus hingga sampai ikut memperagakan atraksi dengan tongkat milik Kapolres sambil bercanda tawa di hadapan Muspida.

“Pak Kapolres dan Pak Dandim Saya juga bisa peragakan atrakasi seni debus seperti mereka lihat ni,” canda Kolonel Inf Lilik Sutikno. [Aidil/rel]

Related posts