Thailand lirik potensi perikanan Aceh Utara

Thailand lirik potensi perikanan Aceh Utara
Ilustrasi. (beritadaerah.co)

 Lhokseumawe (KANALACEH.COM) – Investor asal Thailand, mulai melirik potensi perikanan di Kabupaten Aceh Utara.

Kepala Dinas Penanaman Modal Transmigrasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Aceh Utara Marzuki, di Lhokseumawe, Sabtu mengatakan, bahwa rencana kerja sama pengembangan sektor perikanan antara pihak IGO Company Limited Thailand dengan Pemkab Aceh Utara akan dilakukan di kawasan Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Kuala Cangkoi, Kecamatan Lapang.

Kehadiran investor asal Thailand tersebut, ditandai dengan kunjungan tim investor IGO Company Limited Thailand ke Aceh Utara dan penandatanganan kesepakatan kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Aceh Utara, yang berlangsung di Pendopo Bupati Aceh Utara, Rabu (2/8).

Namun sebagaimana dikatakan dia, bahwa kunjungan dan juga penandatanganan kerja sama  di bidang sektor perikanan tersebut masih dalam tahap rencana, belum memasuki tahap realisasi serta masing-masing pihak masih perlu melakukan kajian.

“Mereka juga melakukan kajian dan observasi terlebih dahulu tentang usaha yang akan dilakukan. Begitu juga pihak kita juga melakukan langkah-langkah yang diperlukan terhadap rencana dimaksud,” ujar Marzuki.

Lanjutnya lagi, apabila terealisasi kawasan PPI Kuala Cangkoi menjadi kawasan industri perikanan, maka dari Pemkab Aceh Utara, akan dilakukan oleh perusahaan milik daerah tentang pengusahaan sektor usaha dimaksud bersama dengan investor asal Thailand.

Sebut Marzuki, sektor perikanan yang akan digarap dikawasan PPI Kuala Cangkoi antara lain, penangkapan ikan, pengolahan ikan serta industri perikanan lainnya yang memungkinkan untuk dilakukan dan dikembangkan. Serta dapat  menjadi kawasan ekonomi bagi nelayan di Aceh Utara, pungkasnya. [Antara]

Related posts