Shalawat Badar sambut kedatangan Jamaah Haji di Makkah

Shalawat Badar sambut kedatangan Jamaah Haji di Makkah
Ilustrasi. (1news.com)

Makkah (KANALACEH.COM) — Shalawat Thala’al Badru ‘Alaina mengiringi kedatangan jamaah haji Indonesia  dari Madinah di Makkah, Ahad (6/8) pukul 01.30 waktu Arab Saudi (WAS). Jamaah berasal dari kloter pertama Embarkasi Medan MES I dengan jumlah total keseluruhan 387 jamaah. Dua jamaah tertunda berangkat akibat sakit yaitu Sofyan Mahalli dan Yuliani Muhit.

Penyambutan sangat meriah. Begitu jamaah haji datang, mereka disambut para petugas maktab dari Muassasah Asia Tenggara yang berbusana tradisional khas Makkah. Sejumlah anak laki-laki sibuk memberikan cinderamata berupa tasbih dan minuman ringan kepada jamaah. 

Dan tak lupa sekuntum bunga diberikan kepada tiap jamaah. Para jamaah juga mendapatkan minuman selamat datang berupa air zamzam yan disajikan dua petugas maktab dengan seragam  dan wadah minuman khas Makkah.

Tampak hadir dalam penyambutan ini, Kepala Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, Ahmad Dumyathi Bashori, Kepala PPIH Daker Makkah Nasrullah Jasam, perwakilan dari Muassasah Asia Tenggara, dan perwakilan KJRI Jeddah.   

Kepala Daker Makkah Nasrullah Jasam Mengatakan, rombongan pertama jamaah calon haji Indonesia yang terangkut dengan sembilan bus tersebut menempuh perjalanan dari Madinah kurang lebih enam jam dan lancar.

Selama di Makkah mereka akan menempati wilayah Sektor VI Hotel Royal Makkah dengan nomor pemondokan 609 dan Hotel Rabawi Mina dengan nomor pemondokan 608. Letak Sektor VI ini berada di seberang kantor Daker Makkah tepatnya di Syisyah Raudhah 

Nasrullah Jasam menjelaskan, gelombang pertama jemaah calon haji Indonesia yang telah tiba di Kota Makkah akan beristirahat sekitar dua jam di hotel dan selanjutnya akan menuju masjid al-Haram untuk melaksanakan ibadah umrah dengan menggunakan empat bisa salawat yang telah di sediakan seksi transportasi Daker Makkah.

Menurut Nasrullah, pada hari kedua, akan ada enam kloter yang diberangkatkan menuju Makkah. Jumlah pasti jamaah yang akan diberangkatkan belum dapat diketahui secara pasti. Namun, jamaah akan diberangkatkan di atas pukul 12.00 waktu Arab Saudi dan akan tiba pada malam hari. 

Kemudian pada 12-26 Agustus 2017, gelombang kedua akan mulai tiba di Jeddah untuk masuk ke Makkah. Kemudian secara bersamaan jamaah akan masuk Kota Makkah pada 12 sampai 20 Agustus. [Republika]

Related posts