Mahasiswa Unsyiah ciptakan nanoselulosa dari ampas tebu

by Redaksi | Kanal Aceh
Mahasiswa Unsyiah ciptakan nanoselulosa dari ampas tebu

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Mahasiswa Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) kembali berinovasi dengan menciptakan nanoselulosa dari bahan ampas tebu. Inovasi tersebut merupakan buah karya empat mahasiswa Teknik Kimia Fakultas Teknik Unsyiah.

Mereka adalah Aulia Chintia Ambarita, Faisal Yusupi Guswara, Muhammad Adam Armando, dan diketuai oleh Karmila. Pembuatan nanoselulosa dari ampas tebu ini juga dibimbing oleh Dosen Teknik Kimia Unsyiah Dr Ir Sri Aprilia MT.

“Riset pengembangan nanoselulosa telah dilakukan dengan berbagai metode dan dengan bahan baku yang berbeda,” ujar Karmila di Banda Aceh, Senin (7/8).

Menurutnya, ampas tebu merupakan salah satu biomassa yang dapat digunakan untuk pembuatan nanoselulosa. Bahan baku ampas tebu banyak didapat dari para penjual minuman air tebu. Terlebih lagi air tebu menjadi minuman favorit masyarakat Aceh dan mudah dijumpai di berbagai daerah di Aceh.

“Riset tentang pembuatan nanoselulosa dari ampas tebu dengan metode hidrolisa asam ini kami lakukan untuk mengurangi limbah dari ampas tebu dari para pedagang air tebu,” kata mahasiswi itu.

Karmila menjelaskan, penelitian tersebut dilakukan di Laboratorium Dasar Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknik Unsyiah selama empat bulan. Kelebihan dari penelitian ini yakni adanya katalis yang berfungsi sebagai zat yang dapat mempercepat reaksi. Proses penelitian ini dilakukan secara kimiawi yaitu dengan metode hidrolisa asam.

Nanoselulosa yang dihasilkan dapat digunakan untuk berbagai bidang, seperti biomedis, bioteknologi, dan pengganti fiber glass.

Pada kesempatan lain, Rektor Unsyiah Prof Dr Ir Samsul Rizal mengapresiasi atas riset yang dilakukan para mahasiswa tersebut. Ia mengaku akan terus mendukung setiap riset atau inovasi yang dihasilkan oleh civitas akademika Unsyiah, baik itu dari dosen maupun mahasiswa.

“Kita ingin Unsyiah ini nantinya akan menjadi kampus yang berbasis riset dengan melahirkan inovasi-inovasi baru yang berguna bagi bangsa Indonesia,” pungkasnya.

Sebelumnya, sembilan tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Unsyiah dinyatakan lolos oleh Kemristekdikti ke ajang bergengsi Pekan Ilmiah Nasional (PIMNAS) yang ke-30 tahun 2017.

Ajang ini akan berlangsung di Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar pada 23-28 Agustus mendatang. Unsyiah meloloskan tim terbanyak dibandingkan perguruan tinggi lainnya di Sumatera. [Aidil/rel]

You may also like