Sambut HUT RI, Kecamatan Nibong gelar lomba kebersihan dan keindahan

Sambut HUT RI, Kecamatan Nibong gelar lomba kebersihan dan keindahan
Tim penilai kebersihan mendatangi Desa Niboh Baroe, Kecamatan Nibong dalam rangka lomba kebersihan dan keindahan lingkungan, Rabu (16/8). (Kanal Aceh/Rajali Samidan)

Lhoksukon (KANALACEH.COM) – Menyambut hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-72, Kecamatan Nibong, Kabupaten Aceh Utara menggelar kegiatan perlombaan kebersihan dan keindahan lingkungan antar desa/kelurahan se-Kecamatan Nibong yang dikoordinir oleh Muspika setempat.

Tim penilai perlombaan hari ini, Rabu (16/8) menyambangi Desa Nibong Baroh yang pernah mendapatkan juara satu pada tahun lalu. Di tempat ini tim penilai menuju kantor desa, meunasah dan menyebar melakukan penilaian.

Aspek yang dinilai meliputi meunasah, lingkungan, jalan, drainase, bendera,  umbul-umbul, gapura, kantor desa, dan kebersihan fisik fasilitas umum.

Selanjutnya, tim penilai akan mendatangi satu per satu desa se- Nibong yang terdiri dari 20 desa dan 2 kemukiman. Selain penilaian, tim penilai juga melakukan pembinaan terkait apa saja yang perlu dibenahi oleh desa sehingga ketika tim penilai datang lagi, desa bersangkutan sudah berbenah.

Camat Nibong Halimuddin, kepada Kanalaceh.com mengatakan bahwa penyelenggaraan lomba tersebut dilaksanakan dengan tujuan, agar kalangan masyarakat Nibong yang ada di setiap desa membiasakan untuk membudidayakan kebersihan. Selain itu, juga dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke 72.

“Rasa cinta Tanah Air bisa diwujudkan dengan memeriahkan HUT Kemerdekaan negara kita, melalui kegiatan-kegiatan lomba,” ujarnya.

Dijelaskannya, kedatangan tim penilai tidak diberitahu sebelumnya. Hal ini untuk mencegah agar desa bersangkutan tidak hanya bersih saat penilaian saja, tetapi bisa menciptakan kebersihan setiap hari.

“Nantinya, tepat setelah diselenggarakannya upacara HUT RI Ke-72, pemenang perlombaan akan diumumkan untuk pemberian hadiah,” katanya. [Rajali Samidan]

Related posts