Walikota Langsa minta RSUD tingkatkan mutu air bersih

Toke Suum minta pemerintah gampong kelola dana desa secara benar
Dokumentasi - Walikota Langsa Usman Abdullah (Toke Suum) melihat kondisi pengolahan air bersih di-bak  penampungan air RSUD Langsa, Selasa (15/8). (Ist)
--Ads--
loading...

Langsa (KANALACEH.COM) –  Walikota Langsa, Usman Abdullah meminta manajemen rumah sakit lebih meningkatkan mutu air bersih ketika melakukan Inspeksi mendadak (Sidak) ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Langsa, Selasa (15/8).

Setibanya di RSUD Langsa, Walikota memeriksa satu persatu ruangan, dimulai dari ruangan IGD, hingga ke ruang rawat inap yang ada di rumah sakit tersebut.

Dalam peninjauannya itu Walikota Usman Abdullah menilai, air bersih yang ada di rumah sakit belum sepenuhnya bersih 100 %. ”Jika dilihat dari warna airnya, maka tingkat kebersihannya baru sekitar 85 persen,” sebutnya.

Ads

Untuk itu, ia meminta kepada manajemen rumah sakit untuk meningkatkan kembali pengelolaan air bersih, karena kebutuhan air sangat penting dalam kehidupan.

Walikota meminta agar dalam pendistribusian air ke semua ruangan harus benar-benar terealisasi dengan baik, sehingga jangan sampai ada ruang rawat inap yang tidak tersedia air disaat pasien membutuhkannya.

Ia mengakui, berdasarkan laporan dari masyarakat, sejauh ini pelayanan RS tersebut sudah baik.

Namun ada beberapa sarana pendukung yang masih kurang, seperti lingkungan yang masih kotor karena menyimpan barang-barang yang sudah tidak terpakai.

“Jika sudah tidak lagi dipakai, buang saja dan buat berita acaranya dan lakukan penghapusan asetnya,” tegas Toke Suum.

Sementara itu, terkait alat kesehatan, Walikota berjanji akan meningkatkannya kembali sesuai kebutuhan pelayanan dan perkembangan medis.

Pada kesempatan itu, Walikota juga meminta kepada pegawai negeri sipil (PNS) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) agar dapat mengubah perilaku dalam hal melayani bukan dilayani.

PNS merupakan abdi negara yang selalu siap melayani masyarakat ketika dibutuhkan.

“Kita ini pelayan maka harus melayani bukan menunggu untuk dilayani terutama bagi PNS yang ada di rumah sakit, harus lebih sigap dan tanggap setiap memberikan pelayanan kepada masyarakat,” sebutnya. [Erza]