Bukan hanya di istana, Pegawai BPN Aceh juga berpakaian adat saat upacara

Bukan hanya di istana, Pegawai BPN Aceh juga berpakaian adat saat upacara
Pegawai menggunakan pakaian adat, Kamis (17/8). (Kanal Aceh/Randi)
--Ads--
loading...

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Berpakaian adat saat upacara peringatan HUT RI ke 72 bukan hanya dilakukan pejabat di Istana Negara. Di Aceh, para pegawai Badan Pertanahan Nasional (BPN) juga menggelar upacara dengan mengenakan pakaian adat dari Sabang sampai Merauke.

Seorang pegawai BPN Kanwil Aceh, Hanafi Risty merasa senang menggunakan pakaian adat Aceh, walaupun ia bukan asli orang Aceh. Menurutnya, menggunakan pakaian adat bisa mengetahui kebudayaan Indonesia dan menumbuhkan rasa kebersamaan.

Selain itu, dapat mendidik dirinya menjadi disiplin untuk mengikuti upacara, seperti mempersiapkan mekeup, bangun lebih awal, datang tepat waktu dan perlengkapan lainnya.

Ads

Ia pun merasa nyaman menggunakan pakaian adat seperti ini. Ia merasa seperti pengantin kembali.

“Kalau ibu-ibu justru malah suka seperti ini, jadi momen langka. Apalagi yang sudah berkeluarga, seperti mengulang pernikahan gitu lah. Seru,” ungkapnya pada wartawan usai upacara di halaman kantor BPN setempat, Kamis (17/8).

Sementara itu, Kabag Tata Usaha Kanwil BPN Aceh, Yasril mengatakan, upacara pakaian adat ini sesuai surat edaran yang dikeluarkan oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional tanggal 1 Agustus 2017 Nomor 299, terkait mengenakan pakaian adat dari Sabang Sampai Merauke.

Selama bekerja di kantor pemerintahan tersebut, Yasril mengaku baru kali ini mengenakan pakaian adat saat perayaan 17 Agustus.

“Selama saya menjadi pegawai mungkin hari ini tanggal 17 Agustus disuruh memakai pakaian adat,” katanya. [Randi]