RI minta Malaysia tarik buklet bendera Indonesia terbalik

RI minta Malaysia tarik buklet bendera Indonesia terbalik
Buku kenang-kenangan SEA Games 2017 yang mencantumkan bendera Indonesia terbalik. (google images)
--Ads--
loading...

Jakarta (KANALACEH.COM) РPemerintah Indonesia melalui Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia Puan Maharani meminta Malaysia menarik buku kenang-kenangan SEA Games 2017 yang mencantumkan bendera Indonesia terbalik.

Puan juga meminta pemerintah Malaysia segera memberikan surat permintaan maaf terbuka dan resmi yang ditandatangani pihak bertanggung jawab.

Permintaan tersebut telah disampaikan melalui surat resmi yang dilayangkan Kementerian Pemuda dan Olahraga dan Kementerian Luar Negeri, Minggu (20/8).

Ads

“Ya ini berkaitan dengan simbol-simbol negara. Tentu saja hal ini urusannya resmi dan hal itu dilakukan dalam event resmi SEA Games yang disebarkan kemarin di stadion. Kita berharap itu ditarik, diganti dan diperbaiki,” ujarnya pada Minggu (20/8).

Sejauh ini, Puan mengaku bahwa pihaknya dan pemerintah Malaysia telah berkomunikasi, sebagaimana disampaikan dalam surat yang dirilis Pemerintah Malaysia. Namun pertemuan itu masih bersifat informal.

“Komunikasi sudah dilakukan melalui jalur-jalur yang memang harus melakukan komunikasi tersebut. Tapi memang karena ini berkaitan dengan nama Indonesia, yang merupakan simbol Indonesia melalui bendera, ya komunikasi yang kami lakukan adalah kami berharap bahwa komunikasi formal,” ujarnya menegaskan.

Puan juga menyebut surat permintaan maaf dari pihak penyelenggara yang sebelumnya dirilis tidak bisa dikatakan sebagai surat resmi karena tidak menyertakan tanda tangan orang yang bertanggung jawab atas insiden ini.

“Terus terang saja dalam surat itu saya tidak melihat siapa yang menandatangani hal tersebut, jadi saya berharap ada tanda tangan resmi, disampaikan resmi, bahkan kalau perlu juga siapa yang bertanggung jawab dalam menandatangani surat tersebut bahwa hal itu harus dilakukan,” ujarnya.

Kesalahan Indonesia

Kendati demikian, dia melihat adanya niat bagi dari kedua belah pihak untuk menyelesaikan masalah ini. Dia juga tidak ingin kejadian ini mengganggu hubungan kedua negara dan SEA Games yang tengah berlangsung.

Lebih lanjut, Puan meminta masyarakat tidak menghubungkan kejadian ini dengan kesalahan sama yang dibuat Indonesia pada SEA Games 2011. Kala itu, Indonesia mencantumkan bendera Malaysia secara terbalik.

“Ya kita kan tidak mengungkit masa lalu, apakah kemudian ini balas-membalas. Ini kita niatnya diniati dengan niat baik dulu lah, jangan beprikir yang macam-macamlah. Kami harap kecerobohan ini nggak dianggap sepele … saya tidak mau menanggapi hal tersebut dengan emosi,” ujarnya. [CNNIndonesia]

Ads