Setelah 72 tahun, bangkai kapal perang AS ditemukan di Laut Filipina

Setelah 72 tahun, bangkai kapal perang AS ditemukan di Laut Filipina
USS Indianapolis sebelum tenggelam pada 30 Juni 1945. (US Navy)

Washington (KANALACEH.COM) – Peneliti telah menemukan bangkai kapal perang Amerika Serikat (AS) USS Indianapolis yang tenggelam oleh torpedo Jepang pada hari-hari terakhir Perang Dunia II. Keterangan dari angkatan laut AS menyebutkan, bangkai kapal tersebut telah ditemukan di kedalaman 18 ribu kaki atau 5,5 kilometer di bawah permukaan laut Samudera Pasifik.

USS Indianapolis sedang berada dalam perjalanan pulang dari misinya untuk mengantarkan komponen bom atom pada 30 Juli 1945 saat ditembaki di Samudera Pasifik Utara oleh kapal selam Jepang. Kapal penjelajah itu tenggelam dalam waktu 12 menit tanpa sempat memberikan sinyal darurat.

Hanya 316 dari 1.196 krunya yang berhasil diselamatkan lima hari kemudian. Sedangkan 800 kru lainnya tewas akibat terpapar cuaca, kehausan, tenggelam dan serangan hiu.

Penemuan bangkai USS Indianapolis terjadi setelah sejarawan angkatan laut menemukan informasi mengenai pergerakan terakhir kapal tersebut pada 2016 yang memberikan peneliti daerah pencarian yang baru.

Sebuah tim pencarian sipil yang dipimpin oleh salah satu pendir Microsoft, Paul Allen, menghabiskan waktu berbulan-bulan mencari di area laut seluas 1.500 kilometer persegi sebelum akhirnya berhasil menemukan USS Indianapolis di Laut Filipina.

Dalam pernyataannya, Allen mengatakan penemuan itu adalah sebuah cara untuk menghormati para pelaut yang memainkan peran penting untuk mengakhiri Perang Dunia II.

“Sementara pencarian kami untuk sisa reruntuhan akan berlanjut, saya harap semua orang yang terhubung dengan kapal bersejarah ini akan mendapatkan penutupan pada penemuan yang lama tertunda,” kata Allen sebagaimana dikutip dari Telegraph, Minggu (20/8).

Dibandingkan dengan penemuan bangkai kapal lain, sisa-sisa USS Indianapolis tergolong mudah diidentifikasi karena foto yang dibagikan oleh Allen dan angkatan laut dengan jelas memperlihatkan tanda-tanda milik kapal tersebut.

“Sangat jarang Anda menemukan nama kapal di potongan puing kapal,” kata Juru Bicara Komando Sejarah dan Warisan Budaya Angkatan Laut AS, Paul Taylor.

Angkatan Laut berencana untuk menghormati 22 orang yang selamat dari USS Indianapolis yang masih hidup bersama keluarga kru kapal tersebut. [Okezone]

Related posts