Ini bahaya minum kopi dari gelas styrofoam

ilustrasi.

(KANALACEH.COM) – Ketika bepergian ke tempat wisata, terkadang seseorang tetap tidak bisa lepas dari kopi. Di tempat-tempat liburan atau wisata, biasanya segelas kopi diwadahi dengan styrofoam.

Memang terlihatnya praktis kopi disajikan dengan styrofoam. Tapi, sudah tahukah Anda efek samping minum kopi dari gelas styrofoam? Mari kita menjawabnya dari penjelasan yang dikutip dari Okezone.com, berikut ini:

Apa itu styrofoam?

Styrofoam adalah nama merk untuk bahan yang disebut polystyrene. Polistiren disuntikkan dengan gas untuk mendapatkan busa polystyrene yang kemudian digunakan menjadi kemasan makanan. Jadi, sekarang Anda tahu apa yang Anda minum jika wadah kopi terbuat dari styrofoam.

Apakah gelas styrofoam aman digunakan?

Polystyrene dari gelas styrofoam dapat dengan mudah masuk ke makanan atau minuman yang dibawa di dalamnya. Styrene adalah karsinogen yang dapat menyebabkan iritasi dan sekresi lendir dari mata serta hidung, meningkatkan tingkat kelelahan, mengurangi kemampuan berkonsentrasi, dan mengganggu fungsi hormon yang mengakibatkan masalah tiroid.

Apakah gelas styrofoam ramah lingkungan?

Styrene bisa memakan waktu sekira 500 tahun untuk membusuk. Jadi, ingatlah bahwa sebagian besar produk makanan atau minuman dari styrofoam tidak bisa didekomposisi atau diurai. Selain itu, proses pengerjaan polistiren sebagian besar bisa mencemari udara.

Apa yang harus Anda gunakan sebagai pengganti gelas styrofoam?

Jika Anda mencari alternatif gelas styrofoam, maka bisa menggunakan pilihan ramah lingkungan berikut ini:

Gelas Biodegradable

Tidak seperti kebanyakan gelas atau cangkir, gelas ini tidak menggunakan kertas jaket, tapi karton di bagian dalam gelas berfungsi menjaga suhu panas di dalamnya. Selain itu, gelas ini memiliki tingkat toksisitas lebih rendah daripada gelas styrofoam.

Mug kopi yang dapat digunakan kembali

Langsung saja beli segelas kopi yang bisa digunakan kembali seperti stainless steel atau alumunium. Cuci mug kopi Anda setiap hari, maka kini sudah memiliki alternatif wadah yang bersih, menarik dan ramah lingkungan. []

Related posts