5 jamaah haji asal Aceh wafat di Arab Saudi

Tahun 2018, kuota haji dari Aceh capai 4.393 jamaah
Dokumentasi - Calon Jemaah Haji menuju tempat penginapan di Asrama Haji Banda Aceh, Selasa (15/8/2017). (Kanal Aceh/Randi)

Jakarta (KANALACEH.COM) – Sudah lima jamaah haji asal Aceh diketahui wafat di Arab Saudi. Terakhir, warga Kabupaten Pidie Jaya, Halimah Binti Mahmud Ben (72) meninggal dalam perjalanan ke Rumah Sakit Arab Saudi setelah didiagnosa menderita cardiovascular deases.

Koordinator Subbag Keprotokolan, Humas dan Keprotokolan PPPIH Embarkasi Aceh, Rusli mengatakan, jamaah haji asal Aceh wafat lantaran menderita cardiovascular deases sebanyak tiga orang dan satu jamaah menderita hipertensi satu orang.

Sementara satu jamaah lagi meninggal saat masih di dalam pesawat menuju Mekkah.

“Jamaah terakhir wafat saat sedang dalam mobil ambulans, dan hendak dibawa ke Rumah Sakit Arab Saudi,” kata Rusli dilansir Okezone.com Senin (4/9).

Dikatakan Rusli, saat ini jamaah asal Aceh masih berada di Mina. Mereka akan melaksanakan nafar awal dan nafar tsani. Diketahui nafar awal dilaksanakan 1 hingga 3 September, sedangkan nafar tsani dapat dijalankan sejak 1 sampai 4 September 2017.

Menurut data Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) mencatat, 216 jamaah haji asal Indonesia meninggal di Arab Saudi.

Dari jumlah itu, sebanyak dua orang wafat di Jedah, 36 di Madinah, dan 124 di Makkah, 16 di Arafah, dan 38 orang wafat di Mina. []

Related posts