Rafli Kande: Indonesia harus tegas terkait tragedi etnis Rohingya

Upaya bentengi Aceh dari LGBT
Anggota DPD RI asal Aceh, Rafli Kande. (Kanal Aceh/Aidil Saputra)
--Ads--
loading...

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Anggota DPD RI Perwakilan Aceh, Rafli Kande mendesak Presiden Jokowi untuk mengusir Kedutaan Besar (Kedubes) Myanmar dari Indonesia dan memulangkan Dubes RI dari Myanmar jika tindakan kekerasan terhadap etnis Rohingya di Rakithe, Myanmar dibiarkan begitu saja.

Hal ini disampaikan oleh Rafli Kande kepada media dalam siaran persnya kepada Kanalaceh.com, Senin (4/9).

“Sebagai negara yang menjunjung tinggi penegakan hukum dan HAM serta menjunjung tinggi perdamaian dunia, sudah seyogyanya Indonesia menunjukkan sikap tegas terkait tragedi kekerasan yang tidak berperikemanusiaan terhadap etnis Rohingya. Untuk apa kita membangun hubungan bilateral dengan negara yang membiarkan terjadinya kejahat Genosida di negaranya,” tegas Rafli.

Ads

Tidak hanya itu, lanjut Rafli, Indonesia yang merupakan negara muslim terbesar di Asia tenggara hendaknya memiliki sikap tegas ketika saudara se-imannya dizalimi.

“Terlepas apapun motifnya, namun ini genosida yang terjadi terhadap etnis Rohingya jelas sebagai pelanggaran kelas berat dan tak bisa dibiarkan. Pemerintah Indonesia jangan bungkam, pemerintah RI harus buktikan bahwa Indonesia peduli tentang persoalan ini,” ujar Rafli.

Senator ini mengutarakan bahwa sesama muslim itu bersaudara terlepas dari bangsa dan suku mana. Hendaknya sesama muslim ibarat filosofi lebah ketika saudaranya dizalimi ia ikut merasakannya.

“Kami juga menghimbau saudara-saudara sebangsa, seiman dan setanah air ikut mempedulikan nasib saudara kita etnis Rohingya,” himbau Rafli.

Disamping itu, Rafli juga meminta pemerintah untuk ambil bagian dalam hal menyediakan lokasi utk menampung para pengungsi apabila ada yang terdampar di Aceh ataupun belahan Indonesia lainnya.

“Saya juga mengapresiasi setinggi-tingginya untuk seluruh masyarakat, baik secara pribadi, kelompok maupun lembaga yang telah berpartisipasi dan menunjukkan sikap kepeduliannya terhadap masyarakat muslim Rohingya,” pungkasnya. [Aidil/rel]