Kedubes Filipina apresiasi inovasi RUMAN Aceh

Kedubes Filipina apresiasi inovasi RUMAN Aceh
Pendiri Ruman, Ahmad Arif berbincang dengan Sekretaris Ketiga Kedubes Filipina untuk Indonesia, Sabtu (9/9). (Ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Sekretaris Ketiga Kedutaan Besar Filipina untuk Indonesia, Alan Roi Quilino Gabriola dan Joseph Gideon A Garcio mengaku salut dengan inovasi-inovasi yang telah RUMAN Aceh lakukan.

Menurut mereka, program Minggu baca rame-rame (Mibara) yang digagas RUMAN Aceh sangat menarik, sebab mempromosikan literasi kepada semua kalangan. Namun, yang lebih penting adalah Mibara mengajak masyarakat berlaku jujur dan tanggungjawab.

Hal tersebut diungkapkan Alan Roi Quilino Gabriola dan Joseph Gideon A Garcio saat mengunjungi Lembaga Pendidikan Rumah Baca Aneuk Nanggroe (RUMAN) pada Sabtu (9/9).

Mereka dibawa oleh Tridarsa Tosib Rangkuti, pengurus pusat Yayasan Fajar Hidayah Jakarta. Juga turut hadir Haikal Ilyas, pimpinan Sekolah Fajar Hidayah Aceh.

Kunjungan mereka diterima langsung oleh Pendiri RUMAN, Ahmad Arif yang didampingi Ketua TBM (Taman Bacaan Masyarakat) RUMAN, Fadhillah Islami beserta beberapa relawan yang sedang memilah bahan bacaan untuk kegiatan Mibara.

Terkait masalah pendidikan, Pendiri RUMAN, Ahmad Arif menguraikan beragam kegiatan yang pernah dan masih terus dilakukan. Di antaranya adalah Sekolah PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) yang telah memasuki tahun ketiga.

“Mereka meengapresasi prinsip dasar RUMAN yang mengutamakan kejujuran dan tanggung jawab. Terlebih lagi ketika mereka tahu bahwa kita menjual mobil pada awal tahun 2016 agar bisa menyewa bangunan selama 5 tahun untuk melanjutkan Sekolah PAUD khusus dhuafa yang dimulai pada 2015 lalu”, ujar Arif dalam siaran persnya kepada Kanalaceh.com.

Sekretaris Ketiga KEDUBES Filipina, Alan Roi menuturkan bahwa saat ini pihaknya sedang mempelajari dan mendalami konsep madrasah sebagai representasi model pendidikan Islam di Indonesia.

“Kami sedang mempelajari sistem madrasah di Indonesia. Sebab di bagian selatan Filipina, Mindanao, yang mayoritas muslim sedang bergiat mendirikan madrasah,” ujar Alan.

Alan dan timnya juga sangat tertarik dengan wisata baca gratis Mibara yang digelar TBM RUMAN setiap hari Minggu, mulai pukul 07.00 WIB hingga 11.00 WIB di lapangan Blang Padang, Banda Aceh. [Aidil/rel]

Related posts