Ikatan Pelajar Mahasiswa Leupung peringati Hardikda

Ikatan Pelajar Mahasiswa Leupung peringati Hardikda
Ikatan Pelajar Mahasiswa Leupung (IKAPEMAL), Aceh Besar. (Ist)

Jantho (KANALACEH.COM) – Ikatan Pelajar Mahasiswa Leupung (IKAPEMAL) menggandeng lembaga pemerintahan kecamatan dalam menyukseskan peringatan Hari Pendidikan Daerah (HARDIKDA) Ke-58 di Kecamatan Leupung, Aceh Besar, Senin (11/9).

Serangkaian acara berlangsung, yang dimulai dengan upacara penaikan Bendera merah putih pukul 09.00 WIB dan dilanjutkan dengan karnaval yang mengikut sertakan seluruh siswa-siswi sekolah dan instansi pemerintahan yang ada di Kecamatan Leupung.

Karnaval ini diikuti seluruh siswa dari SD sampai SMA di Kecamatan Leupung dengan berbusana adat dan profesi. Mulai dari pakaian Adat Aceh, Adat Dayak, Adat Jawa dan Adat Sunda. Juga peragaan profesi berupa Tentara, Polisi, Dokter dan beragam profesi lainnya. Serta peragaan artis komedi Aceh, tokoh Haji Uma. Tak ketinggalan diikutsertakan sepeda dan becak hias.

Untuk memeriahkan peringatan HARDIKDA ini, usai karnaval panitia acara juga mengadakan aneka perlombaan meliputi Lomba Minat Baca, Lomba Berhitung, Lomba Ambil Koin dan Lomba Mewarnai untuk tingkat TK/PAUD.

Seluruh sekolah yang berlokasi di Kecamatan Leupung begitu antusias mengikuti ragam perlombaan ini. Karena karnaval dan lomba terdapat penilaian tersendiri dari panitia yang kemudian diumumkan pemenangnya di penghujung acara.

“Tahun ini untuk karnaval juara pertama diraih oleh SD Negeri Pulot yang disusul juara dua sekolah MIN Leupung dan SMA Negeri 1 Leupung memperoleh juara tiga,” ujar Putra Eka Prasetia, Ketua Panitia Pelaksana yang juga Ketua Umum IKAPEMAL dalam siaran persnya kepada Kanalaceh.com, Rabu (13/9).

Selain itu, pihak kecamatan juga mendukung berlangsungnya acara tersebut. Dalam hal ini, Syarbini, Camat Kecamatan Leupung menyebutkan, HARDIKDA memiliki sejarah tersendiri di Kecamatan Leupung.

“Acara ini juga merupakan wujud dari mengenang jasa pahlawan putra asal Leupung bernama Pawang Leman, salah satu tokoh yang telah meningkatkan taraf pendidikan di Aceh melalui ikrar Lamteh,” ujarnya. [Aidil/rel]

Komentar Facebook
Ucapan pelantikan Gubernur dan wakil gubernur dari kantor keuangan