Pelindo I tekan biaya logistik Jakarta-Aceh 50%

Petugas mengawasi proses bongkar muat peti kemas saat peresmian pelayaran perdana peti kemas di Pelabuhan Malahayati, Kabupaten, Aceh Besar, Aceh, Jumat (5/8). (Antara Foto)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo I Cabang Malahayati, Banda Aceh, berhasil menurunkan biaya logistik dari Jakarta ke Aceh menjadi Rp7,5 juta dan membuat waktu perjalanan menjadi relatif lebih singkat yaitu empat hari.

Biaya logistik untuk angkutan darat menggunakan truk dari Jakarta ke Aceh via Merak Bakauheni Rp17,5 juta dan membutuhkan waktu tempuh 4-5 hari. Sementara untuk pelayaran dari Jakarta ke Belawan dan selanjutnya dari Belawan ke Banda Aceh melalui jalur darat dengan menggunakan truk memerlukan waktu 4-5 hari dengan biaya angkut diperkirakan Rp13,5 juta.

Penurunan biaya logistik tersebut tercapai setelah adanya pelayaran dari Jakarta langsung menuju Pelabuhan Malahayati. Seperti diketahui, mulai Januari 2017 Pelindo I Cabang Malahayati sudah ditetapkan sebagai terminal petikemas oleh Kementerian Perhubungan. Pelindo I Cabang Malahayati telah menyiapkan segala fasilitas dan peralatan untuk mendukung kegiatan bongkar muat di terminal petikemas tersebut.

Fasilitas-fasilitas ini juga didukung dengan peralatan bongkar muat petikemas seperti satu unit HMC (harbour mobile crane), tiga unit forklift, reach staker, dan enam unit truk pengangkut petikemas, dan lainnya.

“Pelabuhan Malahayati sudah memiliki kedalaman alur 9,5 meter dengan dermaga yang mendukung, adanya pelayaran yang terjadwal, ketersediaan alat bongkar muat, lapangan penumpukan petikemas, dan transportasi jalan yang mendukung. Dengan semua hal tersebut mampu mendukung untuk masuknya kapal-kapal kontainer ke Pelabuhan Malahayati,” terang General Manager Pelindo I Cabang Malahayati Rudi Susanto di Banda Aceh seperti dilansir laman WartaEkonomi.com.

“Seluruh persiapan ini kami lakukan demi mendukung upaya pemerintah dalam menurunkan biaya logistik nasional,” jelas Rudi Susanto.

Pelindo I Cabang Malahayati, Banda Aceh sendiri telah melaksanakan pelayanan petikemas sejak Agustus 2016. Dengan pengiriman barang dari Jakarta menuju Aceh melalui transportasi laut dapat menekan biaya operasional. Selain efisiensi biaya transportasi, efisiensi bahan bakar juga dapat tercapai.

“Efisiensi ini diharapkan dapat mengundang investor-investor baru ke Aceh. Hal ini sekaligus membuktikan komitmen Pelindo I untuk turut dalam mensukseskan Program Tol Laut dan gagasan jaringan maritim nasional,” tambah Rudi.

Pelabuhan Malahayati merupakan bagian dari rangkaian program tol laut di mana 24 pelabuhan telah ditetapkan untuk melaksanakan program tol laut yang menjadi program andalan pemerintah. []

Related posts