Anggota Brimob serahkan Orangutan Sumatera ke BKSDA Aceh

Masuk kebun sawit, satu Orangutan Sumatera dievakuasi
Dokumentasi - Orangutan Sumatera jenis Pongo Abelii dievakuasi tim BKSDA dan SOCP, Kamis (10/8). (Ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Seorang anggota Brimob yakni, AKP Anton yang bertugas di KOMPI Subden 2 Detasemen B Pelopor, Aramiah – Aceh Timur menyerahkan orangutan kepada BKSDA Aceh, Senin (18/9).

Bayi orangutan tersebut berjenis kelamin betina dan diperkirakan berumur sekitar 4 tahun itu diterima BKSDA Aceh berkerja sama dengan KPH wilayah III Aceh. Orangutan Information Centre langsung mengevakuasi orangutan itu ke pusat rehabilitasi orangutan Sibolangit yang berada kelola oleh SOCP.

“Sekarang masih dalam perjalanan ke pusat rehabilitasi orangutan Sibolangit yang berada kelola oleh SOCP,” sebut kepala BKSDA Aceh, Sapto Aji Prabowo.

Menurut Sapto, AKP Anton mengakui bahwa orangutan itu ditemukannya dalam sebuah goni terikat yang dilemparkan oleh orang tak dikenal pada saat Anton melakukan razia di daerah Kecamatan Penaroun, Aceh Timur.

“Awalnya beliau mengira orang tersebut membuang ganja. Ketika ditemukan, ia mengaku bingung hendak membawa orangutan tersebut kemana. Beliau memelihara bayi orangutan tersebut selama 3 bulanan yang ditaruh dalam sebuah kandang,” sebutnya.

Melihat reaksi anak-anak kecil sekitar lingkungan yang kerap mengganggu, Anton menghubungi KPH wilayah III Aceh.

“Kemudian, pihak KPH menghubungi BKSDA dan OIC untuk membantu proses translokasi. Selanjutnya, orangutan ini diamankan,” ujarnya. [Randi]

Related posts