Lanal Lhokseumawe lakukan patroli laut dan edukasi nelayan

Ilustrasi. (babe.com)

Lhokseumawe (KANALACEH.COM) – Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Lhokseumawe, melakukan patroli tindak pelanggaran sekaligus memberi edukasi kepada nelayan di sekitar perairan Lhokseumawe.

Komandan Pangkalan TNI AL Lhokseumawe Letnan Kolonel Laut (P) M.Sjamsul Rizal dis ela-sela patroli dengan menggunakan Kapal Angkatan Laut (KAL) Bireun, Senin, mengatakan, patroli laut penting dilakukan sebagai upaya memaksimalkan pengawasan laut di wilayah Lanal Lhokseumawe dan sekitarnya supaya tetap aman dan nyaman.

Menurutnya, pengawasan dalam bentuk patroli tetap dilakukan oleh pihaknya dalam menjaga keamanan dan kenyamanan perairan Indonesia, khususnya di wilayah Lanal Lhokseumawe yang berada di kawasan Selat Malaka, yang merupakan kawasan padat dengan dilintasi berbagai jenis kapal internasional.

Ia mengatakan kegiatan patroli sebagai bagian dari langkah strategis yang bertujuan untuk meminimalisir berbagai pelanggaran dilaut dan menutup celah berbagai tindak pelanggaran hukum.

“Untuk memaksimalkan peran pengawasan di laut agar lebih aman dan nyaman serta menutup celah berbagai pelanggaran perairan sehingga dilakukan patroli laut,” ungkap Letkol Laut (P) M.Sjamsul Rizal, seperti dilansir laman Antara.

Selain melakukan kegiatan patroli untuk mencegah tindak kejahatan dan berbagai pelanggaran dilaut, pihaknya juga memberikan edukasi dan sosialisasi kepada nelayan tentang berbagai aturan melaut, seperti melengkapi berbagai dokumen kapal dan berbagai jenis dokumen lain yang berkaitan dengan kegiatan dan aktivitas melaut.

Selain itu, juga diberikan pemahaman tentang cara berlayar yang aman dengan memperhatikan ramalan cuaca yang dikeluarkan oleh BMKG, serta melengkapi kapal dengan alat-alat keselamatan.

“Kami berharap, terutama kepada kapal-kapal nelayan, selain melengkapi dokumen kapal dan juga melengkapi dengan berbagai alat keselamatan dan memperhatikan ramalan cuaca sehingga apabila diperhatikan dengan baik, dapat meminimalisir hal-hal yang tidak diiginkan dalam menjalankan aktivitas melaut,” kata Dan Lanal Lhokseumawe.

Menurut dia, fungsi Pangkalan TNI AL adalah untuk melakukan operasi keamanan laut, menyiapkan dukungan logistik bagi Kapal Republik Indonesia (KRI) serta membantu pemerintah daerah.

Oleh karena itu, sangat diharapkan dukungan dari semua pihak, seperti pemerintah daerah masyarakat dan juga unsur terkait lainnya, agar wilayah perairan Lhokseumawe dan sekitarnya tetap aman dan nyaman, pungkas Letkol Laut (P) M.Sjamsul Rizal. []

Related posts