Percepat lulus kuliah, program studi Agribisnis gelar workshop

Dosen Program Studi Agribisnis foto bersama narasumber dari UGM, Senin (18/9). (ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala menggelar workshop penulisan proposal penelitian bagi mahasiswa tingkat akhir. Kegiatan tersebut berlangsung Senin (18/9) dengan menghadirkan Dr. Ir. Suhatmini Hardyastuti, SU dari Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Menurut Ketua Program Studi Dr. Ir. Azhar, M.Sc kegiatan ini dilaksanakan untuk membekali mahasiswa menguasai berbagai aspek penting dalam mempersiapkan proposal penelitian. “Setelah mengikuti workshop diharapkan mahasiswa mampu menghasilkan proposal penelitian sehingga mempercepat kelulusan” ungkap Azhar dalam sambutan dihadapan peserta dan dosen yang hadir.

Acara workshop dibuka oleh Dekan Fakultas Pertanian yang diwakili oleh Prof. Dr. Ir. Samadi, M.Sc. Dalam sambutannya, Samadi mengingatkan bahwa salah satu indikator penilaian kinerja program studi adalah jangka waktu penyelesaian studi. “Kami memberi apresiasi kepada prodi ini karena terus bekerja memperbaiki mutu lulusan dengan menggagas program percepatan, tentu hal ini akan berdampak terhadap pencapaian akreditasi pungkas Samadi ketika membuka acara ini.

Selanjutnya, Suhatmini dalam pemaparannya menguraikan berbagai aspek penting dalam penulisan ilmiah seperti dengan membaca berbagai fenomena dalam kehidupan, pengalaman pribadi, adanya kebutuhan untuk mencari jawaban atau memecahkan masalah, tertarik dengan bidang minat kajian dan melakukan berbagai pengamatan. “Untuk menghasilkan proposal penelitian yang berbobot, mahasiswa harus membaca berbagai referensi terutama dari jurnal ilmiah baik nasional maupun internasional” demikian jelas Suhatmini sembari memberi motivasi kepada peserta.

Diakhir acara, sebanyak 30 orang peserta workshop berkomitmen untuk mempersiapkan proposal penelitian sebagai langkah awal menulis skripsi untuk mempercepat penyelesaian pendidikan jenjang sarjana. Saat ini, Program Studi Agribisnis merupakan program studi favorit ke-7 di Universitas Syiah Kuala. [Randi/rel]

Related posts