(ist)
--Ads--
loading...

Lhoksukon (KANALACEH.COM) – Fakultas Hukum Universitas Malikussaleh menggelar kegiatan sosialisasi penguatan peran Pemerintah Gampong dalam penyelesaian sengketa menurut qanun Nomor 9/2008. Kegiatan tersebut berlangsung di Gampong Dayah Meuria, Kecamatan Syamtalira Aron, Kabupaten Aceh Utara, Minggu (24/9).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Dr. Manfarisyah yang diterima dengan baik oleh pemuda serta aparat Gampong setempat. Ia mengatakan, bahwa besarnya wewenang yang di mikili oleh pemerintah desa dalam hal menyelesaikan permasalahan yang ada di desa.

Menurutnya, bahwa ada beberapa tindak pidana ringan yang seharusnya tidak perlu di selesaikan di tingkat kepolisian tapi bisa di selesaikan oleh pemerintah Desa.

Ads

“Kegiatan ini cukup positif dimana kita berharap dengan kegiatan ini, informasi menyangkut dengan Qanun No 9 tahun 2008 semoga dapat diketahui lebih mendalam oleh Perangkat Desa dan Masyarakat umum,” katanya.

Sementara itu Keuchik Gampong Dayah Meuria, Sulaiman Z mengatakan, dengan adanya acara sosialisasi ini maka pihaknya lebih berani dalam memutuskan sebuah masalah di desa dan lebih mengerti apa saja yang dilakukan di Desa untuk menyelesaikan sebuah masalah yang ada di tingkat Desa.

Sulaiman berharap kepada rektor dan dekan Unimal, agar kegiatan it uterus berlanjut. “Karena banyaknya ilmu yang kami dapatkan dan ketika ada sosialisasi ini kami lebih berani untuk mengambil Sebuah ke putusan dalam sebuah permasalahan yang ada di desa,” katanya. [Rajali samidan]

Ads