Generasi milenial kurang ngerti sejarah, HMI FKIP unsyiah putar film G30S/PKI

Generasi milenial kurang ngerti sejarah, HMI FKIP unsyiah putar film G30S/PKI
Ilustrasi - Film Pengkhianatan G30S/PKI ditayangkan di Warkop Solong Mini, Banda Aceh, Jumat (29/9). (Kanal Aceh/Aidil)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unsyiah bekerja sama dengan Warkop Gerobak Arabica dan Himpunan English Student Association (ESA) FKIP Unsyiah menggelar nonton bareng film Pengkhianatan G30S/PKI di kawasan Pango, Banda Aceh, Sabtu (30/9).

Ketua Panitia, Chaidir mengatakan tujuan pemutaran film bersejarah itu dilakukan karena banyak generasi milenial yang kurang mengerti sejarah bangsa apalagi terkait kontroversi flim ini.

“Literasi sejarah saat ini sangat rendah, bahkan generasi melenia buta sejarah,” kata Chaidir kepada kanalaceh.com.

Maka dari itu, kata dia, pemutaran film yang menggambarkan tentang peristiwa sejarah pada 1 Oktober 1965 tersebut dapat mengambil pelajaran bukan hanya sekedar menonton.

Sementara itu Ketua HMI FKIP Unsyiah, Wanhar Lingga mengatakan film penumpasan tujuh jendral itu sampai hari ini masih simpang siur. Jadi sangat tepat dengan momen kejadian tersebut dapat dijadikan pelajaran apalagi mahasiswa saat ini sudah banyak yang apatis.

“Ya mahasiswa jangan dengar isu yang bukan-bukan, minimal setelah menonton dapat mengambil pelajaran,” kata Wanhar. [Fahzian Aldevan]

Related posts