HUT TNI di Sabang, masyarakat diminta jaga kedaulatan NKRI

HUT TNI di Sabang, masyarakat diminta jaga kedaulatan NKRI
Upacara HUT TNI ke 72 Kodim 0112/Sabang. (Kanal Aceh/Diki Arjuna)

Sabang (KANALACEH.COM) – Komando Distrik Militer (Kodim) 0112/Sabang menggelar kegiatan peringatan HUT TNI ke-72. Kegiatan tersebut dilaksanakan di lapangan Kodim 0112/sabang, Gampong Cot Abeuk, Kecamatan Sukajaya, Kamis (5/10).

Dalam upacara yang mengambil tema “Bersama Rakyat TNI Kuat” bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Dandim 0112/Sabang, Letkol Czi Kholid Firdaus dan sebagai Komandan upacara Pasiops Kodim 0112/Sabang Lettu Inf Junaidi.

Hadir dalam acara tersebut, para tokoh pemuda dan masyarakat, pimpinan pondok pesantren, para keuchik, dan anggota TNI/Polri Kota Sabang.

Dandim 0112/Sabang Letkol Czi Kholid Firdaus saat ditemui wartawan selepas upacara mengatakan, sampai saat ini kepercayaan rakyat kepada TNI begitu besar sehingga akan menjadi tantangan ke depan bagi TNI.

Lanjutnya, kekuatan TNI yang bersandar kepada rakyat, merupakan bentuk aplikasi pertahanan semesta yang melibatkan seluruh potensi bangsa untuk turut serta bela Negara.

“TNI lahir dan besar dari rakyat oleh karena itu kehadiran kita semua itu sebenarnya sudah tertuang sejak sumpah pemuda kemudian lahirlah dari pemuda-pemuda itu TNI,” katanya.

Ditambahkannya, TNI harus teritorial, karena kemanunggalan TNI bukan hanya sekedar slogan akan tetapi inilah wujud yang memang lahir dari bangsa Indonesia.

Kepada masyarakat Sabang dirinya berharap agar menjaga kedaulatan NKRI Karena berasal dari Sabang inilah sangat berpengaruh besar bagi bagian Indonesia lainnya.

“Konteks sebuah ketahanan nasional yang meliputi ketahanan Idiologi, Politik, Ekonomi, Sosial, Budaya, Pertahanan dan Keamanan oleh karena itu dalam mewujudkan sebuah ketahanan tentunya akan bersama-sama mewujudkan bersama masyarakat Kota Sabang sebagai ujung Barat Indonesia dan kedepan akan menjadi pintu terdepan dari indonesia,” tambahnya. [Diki Arjuna]

Related posts