PDAM Sabang salurkan air lumpur untuk warga

Ilustrasi.

Sabang (KANALACEH.COM) – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Aneuk Laot Kota Sabang, Kamis mendistribusikan air bercampur lumpur ke sejumlah pelanggan di daerah tersebut.

Salah seorang warga Lingkungan Mulia, Gampong (desa) Cot Ba U, Sukajaya, Sabang Wandi menunjukkan air yang ditampung dalam bak penampungan dirumahnya berlumpur serta berwarna kecoklatan.

“Lihat sendiri ini, air yang disalurkan PDAM bercampur lumpur dan ini sudah sering terjadi,” kata warga tadi dirumahnya sembari menunjuk dalam bak penampungan, Kamis (6/10).

Menurut warga tadi, air yang disalurkan PDMA Tirta Aneuk Laot (laut) tersebut secara kasat mata saja tidak steril dan dikhawatirkan berdampak terhadap kesehatan bagi penggunanya.

“Meskipun airnya sudah ditampung dalam bak alternatif, tapi airnya masih tetap berlumpur,” katanya lagi.

Ia berharap, pihak PDAM Tirta Aneuk Laot Sabang segera mencari solusi agar air yang disalurkan tersebut benar-benar layak konsumsi serta bisa digunakan untuk keperluar sehari-hari di rumah tangga.

Direktur PDAM Tirta Aneuk Laot Kota Sabang Cut Faisal menyampaikan, penyabab air berwarna berkecoklatan tersebut karena sedang ada uji mesin pompa air.

“Tadi petugas sedang melakukan uji coba mesin pompa, mungkin tekanannya sangat kuat sehingga yang didistribusikan kepelanggan kecoklatan,” kata Faisal.

Selain itu katanya, penyabab air keruh dikarenakan PDAM Tirta Aneuk laut belum mengfungsikan tempat penampungan sterilisasi air itu sendiri karena sedang ada pengerjaan perbaikan.

“Tempat penampungan dan sterilisasi pun sedang diperbaiki dan kami berupaya dan terus melakukan koordiansi dengan pihak terkait agar tempat penampungan itu bisa sengera difungsikan demi mengoptimalkan pendistribusian air ke pelanggan,” tutur Direktur PDMA Tirta Aneuk Laot Sabang. [Antara]

Related posts