Pemko Sabang serahkan 60 orang Sahabat Kota kepada FKH Terawah

Pemko Sabang serahkan 60 orang Sahabat Kota kepada FKH Terawah
Walikota Sabang, Nazaruddin menyerahkan 60 orang Sahabat Kota kepada Forum Komunitas Hijau (FKH) Terawah, Jumat (6/10). (Kanal Aceh/Diki Arjuna)

 

Sabang (KANALACEH.COM) – Pemerintah Kota Sabang menyerahkan 60 orang Sahabat Kota kepada Forum Komunitas Hijau (FKH) Terawah untuk diberi tugas menjaga dan membersihkan kawasan Kota Sabang, Jumat (6/10).

Walikota Sabang Nazaruddin dalam sambutannya mengatakan, selama ini Pemerintah Kota Sabang memantau kinerja dari Forum Komunitas Hijau Terawah sebagai komunitas pecinta kebersihan.

Melalui FKH Terawah ini Pemko Sabang akan menitipkan sebanyak 60 orang untuk menjadi Sahabat Kota yang nantinya akan bertanggung jawab untuk kebersihan dikota Sabang.

Apabila program ini sukses, maka Nazaruddin berjanji akan menambahkan lagi jumlah tenaga kerja dan disesuaikan dengan ketentuan dan kemampuan keuangan daerah.

“Kalau kemarin pekerjaan bapak dan ibu dikontrol oleh Dinas, kalau sekarang kami Pemko Sabang menyerahkan kepada Komunitas Terawah yang nantinya akan mengatur cara bekerja,” ujarnya.

Lanjut dikatakannya, Pemko Sabang bekerja sama dengan DPRK Sabang untuk menambah penghasilan Sahabat Kota dimana sebelumnya saat masih dibawah Dinas Kebersihan hanya mendapat sekitar Rp 1 juta per bulan menjadi Rp 90 ribu per hari di Terawah.

“Kalau dikalikan sebulan sekitar Rp 2.700.000,- /30 hari,” sebutnya.

“Pemko sudah melakukan kerja sama dengan anggota DPRK Sabang untuk menambah penghasilan Sahabat Kota, jadi bekerjalah yang baik dan sungguh-sungguh, aturan ada di Terawah bukan di Pemko, Pemko hanya membayar gaji melalui Terawah,” lanjutnya.

Ketua Forum Komunitas Hijau Terawah Irwan Mahdi mengatakan, forum ini telah aktif selama setahun yang lalu mengkampanyekan kebersihan dan mengajak masyarakat Sabang agar membuang sampah pada tempatnya.

Ditegaskan Irwan, pihaknya akan serius dalam menangani kebersihan di Kota Sabang dengan dukungan pemerintah setempat.

“Pada tiga bulan pertama ini target lokasi untuk dibersihkan di kawasan Pasiran, Jalan Perdagangan, Kawasan Wisata Sabang Fair, Paradiso, Simpang garuda dan Turunan Tektok,” katanya.

Setelah tiga bulan pertama sampah yang menumpuk ini sudah selesai dibersihkan artinya tinggal perawatan saja, dan ditambahkan Irwan Forum Komunitas Terawah akan melanjutkan membersihkan di kawasan wisata lainnya. [Diki Arjuna]

Related posts