Unsyiah luncurkan robot terbang yang bisa deteksi titik ganja di Aceh

Unsyiah luncurkan robot terbang yang bisa deteksi titik ganja di Aceh
Rektor Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Prof Samsul Rizal meluncurkan dua robot terbang “Cempala Kuneng” dan “Aneuk Kleung” di Balai Keurukon FT, Darussalam, Banda Aceh, Selasa (10/10). (Humas Unsyiah)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Rektor Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Prof Samsul Rizal meluncurkan dua robot terbang “Cempala Kuneng” dan “Aneuk Kleung” karya mahasiswa jurusan Teknik Mesin dan Industri Fakultas Teknik (FT) Unsyiah, di Balai Keurukon FT, Darussalam, Banda Aceh, Selasa (10/10).

Dua robot ini akan diperlombakan di Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) 2017 di Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Surabaya pada 16-21 November 2017 mendatang.

Samsul Rizal dalam sambutannya mengatakan kehadiran dua robot ini bukan sekadar untuk meraih juara, tetapi lebih untuk menumbuhkan serta menggiatkan inovasi di lingkungan kampus.

Untuk itu, ia berharap ke depannya semua program studi dapat saling berkolaborasi untuk peningkatan kompetensi karya, sehingga hasil inovasi mahasiswa dapat dikembangkan lebih lanjut dan bermanfaat bagi masyarakat.

“Robot terbang ini dapat dikembangkan lebih lanjut seperti mendeteksi titik ganja di Aceh sehingga memudahkan kepolisian dalam bekerja,” ujar Samsul.

Sementara itu, Dekan FT Unsyiah, Dr. Ir. Taufiq Saidi, M.Eng, mengatakan dua robot terbang ini dirancang di Laboratorium Desain Manufaktur (LDM) FT Unsyiah, oleh Seulawah Team yang terdiri dari 14 mahasiswa.

Ia berharap kehadiran dua robot terbang ini semakin memperkenalkan Unsyiah ke masyarakat luar sekaligus menarik minat mereka untuk kuliah di Unsyiah.

Ketua Seulawah Team, Muhammad Reza Rizki Hamid, mengatakan dua robot terbang ini akan mengikuti dua kategori di KRTI, yaitu Racing Plane dan Vertical Take Off Landing.

Di kategori Racing Plane akan dilihat kecepatan pesawat dengan menggunakan autonomous. Sedangkan di kategori Vertical Take Off Landing misi yang harus diselesaikan yaitu mengangkat dan memindahkan barang dengan menggunakan autonomous.

Hadir dalam peluncuran ini Wakil Rektor Unsyiah Bidang Akademik, Dr. Hizir, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Ir. Alfiansyah Yulianur BC serta para Wakil Dekan Fakultas Teknik, dan mahasiswa Jurusan Teknik dan Industri FT Unsyiah. [Aidil/rel]

Related posts