Begini cara pantau lokasi teman di WhatsApp

Video Call di WhatsApp bakal Bisa Sambil Chatting
Ilustrasi whatsapp 01.

(KANALACEH.COM) – WhatsApp mengumumkan fitur baru yang penting, Live Location. Banyak yang penasaran, bagaimana cara menggunakan fitur yang bisa digunakan sebagai pemantau lokasi tersebut.

Sebelum membahas lebih lanjut, perlu diketahui bahwa fungsi dari Live Location adalah memungkinkan pengguna WhatsApp berbagi lokasi mereka secara real time dengan teman atau keluarga di kontak WhatsApp mereka.

Sejauh ini, belum semua pengguna bisa menggunakannya. WhatsApp sedang berupaya merilis ketersediaan fitur ini untuk semua pengguna di Android dan iOS secara bertahap.

Namun tidak ada salahnya mempelajari caranya, agar lebih mudah menggunakannya saat fitur ini tiba di WhatsApp kalian. Berikut cara kerjanya, seperti dikutip dari detik.com, Kamis (19/10).

1. Buka salah satu chat di WhatsApp (bisa grup maupun individu) yang ingin kalian bagi Live Location.

2. Tap file attachment berupa tanda paper clip yang terdapat di pojok kanan kolom untuk mengetik pesan.

3. Akan muncul pilihan attachment yang akan di-share, pilih ‘Location’.

4. Pada WhatsApp yang sudah tersedia fitur ini, akan tampil ‘Share Live Location’ di fungsi ‘Send Location’ yang sudah ada.

  1. Kita bisa mengatur berapa lama kita akan membagi lokasi secara real time. Ada pilihan misalnya 15 menit, satu jam, atau mungkin seharian.

    6. Kalian juga bisa berhenti membagi Live Location kapanpun dengan menekan tombol ‘Stop Sharing’.

    7. Menariknya, beberapa orang dari grup chat WhatsApp yang sama bisa membagi lokasi mereka masing-masing dan ditampilkan dalam satu peta. Jadi, kita bisa tahu persis seberapa jauh lokasi kita dengan yang lain.

    Fungsi berbagi lokasi real time memang bukan sesuatu yang baru. Sejumlah layanan sudah lebih dulu memilikinya. Sebut saja Google yang punya Latitude, namun sudah dimatikan pada 2013. Telegram beberapa waktu lalu pun meluncurkan fitur serupa.

    Dengan lebih dari 1 miliar pengguna aktif WhatsApp, fitur ini diprediksi akan boomingdipakai di antara pengguna WhatsApp. []

 

Related posts