Desa Bitai, bukti hubungan Aceh dengan Turki

Desa Bitai, bukti hubungan Aceh dengan Turki
Wisatawan mengunjungi makan Tengku Di Bitay, di Desa Bitai Kecamatan Jaya Baru, Banda Aceh, Jumat (20/10). Makam itu bukti hubungan antara Aceh dan kekhalifahan Turki Usmani. (Kanal Aceh/Randi)

BITAI, sebuah desa yang terletak di Kecamatan Jaya Baru, Banda Aceh adalah desa yang menyimpan bukti hubungan antara Aceh dan kekhalifahan Turki Usmani.

Desa ini menjadi saksi sejarah Aceh membina hubungan yang sangat dekat dengan Negara Turki pada masa lalu. Di Desa Bitai ini terdapat makam para ulama, guru hingga prajurit Turki.

Sementara penyebaran dan perkembangan agama Islam khususnya di Aceh juga tidak terlepas dari peran ulama asal Turki, Muthalib Ghazi bin Mustafa Ghazi, yang kemudian dikenal sebagai Tengku Syech Di Bitai.

Pada kompleks makam Tengku Di Bitay, di Desa Bitai terdapat 25 makam yang mengelilingi makam Sultan Salahuddin. Tujuh di antara makam itu terbuat dari batu cadas, dan 18 lainnya terbuat dari batu sungai.

Sebagian batu nisannya berbentuk segi delapan dan hiasannya bertuliskan kaligrafi dengan bahasa Arab. Di puncak nisan yang berbentuk cembung di atasnya terdapat lingkaran sisi delapan.

Tujuh makam yang terbuat dari batu cadas itu berada di dalam benteng yang yang usai tsunami melanda Aceh, makam-makam tersebut direnovasi. Tiga di antaranya disemen secara terpisah dan sisanya hanya diberi sekat-sekat kecil.

“Di tempat itu makam para ulama semua dan satu orang ratu, makamnya yang paling ujung,” kata Azimah, penjaga makam Tengku Di Bitai saat dijumpai di lokasi, Jumat (20/10).

Sementara di sisi kiri kompleks makam tersebut terdapat sebuah gundukan yang di atasnya ada beberapa makam dengan nisan tua.

Di kompleks itu juga terdapat masjid Turki yang sudah direnovasi dengan empat buah kubah yang dijadikan sebagai pusat aktivitas keagamaan warga sekitar.

Selain itu, ada juga bangunan berukuran 6×6 Meter. Di dalam bangunan ini terdapat satu miniatur kapal yang dibingkai dengan kaca. Di dinding dalam ruangan tersebut digantung lukisan Sultan Selim dan lukisan sultan lainnya. Diterakan pula silsilah garis keturunan Tengku Syech Di Bitai.

Perkembangan Islam di Bitai pada waktu itu sangat maju karena banyak orang luar Aceh yang belajar untuk memperdalam agama Islam, termasuk dari Malaya dan negara dari Asia Tenggara lainnya.

“Dulu di Gampong (desa) Bitai ini ada pesantren. Banyak orang luar yang menimba ilmu agama Islam di sini, termasuk sultan dan raja-raja dari luar Aceh. Di sini juga jadi pusat keagamaan,” ujarnya.

Setelah menuntut ilmu agama di Aceh, kata dia, mereka mengembangkan lagi ajaran itu di negaranya masing-masing. Sementara ada juga raja-raja yang menganut agama Buddha akhirnya masuk Islam.

Makam para ulama dan prajurit Turki ini menjadi daya tarik bagi pelancong yang ingin mempelajari sejarah Islam di Asia.

Azimah mengatakan, pengunjung makam ini bukan hanya didominasi wisatawan dari negara Turki, namun juga banyak peneliti dari negara Timur Tengah yang datang berkunjung.

“Termasuk peneliti dari Jepang juga pernah ke sini hanya melihat dan mencari tahu peninggalan Turki di Aceh,” sebutnya.

Area kompleks pemakaman ini juga disebut sebagai kampung Turki. Setelah terjadinya tsunami, pemerintah Turki membangun ratusan rumah bantuan di sekitar makam yang diperuntukkan bagi masyarakat. [Randi]

Related posts