Proyek IPAL di Banda Aceh, Fadli Zon: Selamatkan situs sejarah!

Proyek IPAL di Banda Aceh, Fadli Zon: Selamatkan situs sejarah!
Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon bersama keturunan raja-raja Aceh dan ahli sejarah meninjau proyek Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) yang mengakibatkan terkenanya situs sejarah di Gampong Pande, Banda Aceh, Senin (23/10). (Kanal Aceh/Fahzian Aldevan)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon menegaskan kepada pihak terkait untuk segera menyelamatkan situs sejarah yang berlokasi di kawasan Gampong Pande dan Gampong Jawa, Banda Aceh yang saat ini sedang dilakukan pembangunan Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL).

“Kita sudah berbicara dengan gubernur dan para pemangku kepentingan yang ada di Aceh perlu adanya langkah-langkah penyelamatan karena ini merupakan bagian dari warisan sejarah kita,” Kata Fadli kepada wartawan saat meninjau langsung proyek IPAL, Banda Aceh, Senin (23/10).

Menurutnya perlu adanya penelitian lebih lanjut, hal ini disebabkan adanya keberadaan situs bersejarah yang sangat berharga apalagi peninggalan masa kerajaan Aceh tempo dulu.

“Lokasi ini perlu ditinjau ulang direlokasi ke tempat yang memang lebih memungkinkan,” katanya.

Dalam kunjungan tersebut juga dihadari seluruh keluarga besar pewaris raja-raja Aceh baik dari tuanku, Ulee Balang, Ulama, Habib dan mahasiswa FKIP Sejarah Unsyiah. [Fahzian Aldevan]

Related posts