Menteri Susi pimpin penenggelaman 33 kapal pencuri ikan

kompas.com

Riau (KANALACEH.COM) – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Minggu (29/10) siang, akan memimpin penenggelaman kapal asing pencuri ikan di perairan Ranai, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau.

“Ada 33 kapal yang akan ditenggelamkan besok (hari ini),” ujar Susi saat berbincang dengan wartawan di Pantai Sindu, Pulau Ranai, Natuna.

Penenggelaman kapal-kapal pencuri ikan itu akan digelar di perairan Selat Lampa.

Sebagian besar kapal yang ditenggelamkan itu milik nelayan Vietnam dan Tiongkok. Adapun nakhoda dan anak buah kapal (ABK) kapal-kapal tersebut sedang menjalani proses hukum.

Pimpinan Satgas 115 Mas Achmad Santosa mengatakan, penenggelaman kapal-kapal ini merupakan hasil kerja sinergi antara TNI, Polri, Kementerian Kelautan dan Perikanan, serta Kejaksaan.

“Penenggelaman ini merupakan amanat undang-undang dan kami yakini akan memberikan efek jera bagi pencuri ikan di wilayah Indonesia,” ujar Achmad seperti dilansir laman Kompas.com.

Selain Susi dan Achmad, penenggelaman kapal itu juga akan dihadiri oleh Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana Madya Achmad Taufiqoerrochman. []

Related posts