Selama Sail Sabang, jumlah transportasi akan ditambah

Rapat Sail Sabang. (ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Menjelang Sabang Sail 2017 yang hanya tinggal 21 hari lagi, Sekretaris Daerah Aceh, Dermawan MM selaku ketua panitia kembali menggelar rapat untuk melihat progress dan kesiapan panitia dalam menyukseskan event nasional tersebut di ruang Potensi Daerah Setda Aceh, Selasa (07/11).

Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Sekda Aceh dan dihadiri oleh semua unsur panitia dan pihak terkait lainnya.

Sekda Dermawan meminta agar panitia terus bekerja dan berkoordinasi  dengan stakeholder tekait untuk mencari solusi dan menyelesaikan setiap permasalahan yang dapat menghambat pelaksanaan Sail Sabang.

“Hal –hal yang teknis agar dapat agar dirapatkan kembali dan dikoordinasikan, Sabang Sail harus kita sukseskan bersama,” kata Dermawan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Aceh, Reza Fahlevi menyampiakan, berbagai persiapan terus dilakukan untuk menyukseskan Sail Sabang. Seperti menyiapkan sarana transportasi baik darat, laut maupun udara.

Untuk transprotasi darat kata Reza,  akan disediakan 29 bus dari Kemenhub untuk sarana shuttle bus di Sabang ditambah bus dari Pemko Sabang.

Sedangkan untuk laut, akan ada penambahan 1 unit kapal RORO dan 1 unit kapal cepat.“Jadi nanti akan ada empat kapal lambat dan empat kapal cepat,” kata Reza.

Selain itu, lanjut Fahlevi, angkatan laut juga akan mengoperasikan empat kapal jenis froch dan water taxi untuk rute Malahayati – Balohan pada tanggal 1 sampai 3 desember.

“Garuda Indonesia juga akan menambah penerbangan pada tanggal 29 november, 1, 2 dan 3 Desember sebanyak 1 penerbangan,” ujar Reza.

Terkait akomdasi, Reza menyampaikan bahwa panitia terus  bekerja mendata penginapan baru dan penduduk yang mau menyewakan rumahnya untuk dijadikan homestay dan posko.

Sebagaimana diketahui, event nasional Sail Sabang 2017 akan dimeriahkan dengan berbagai kegiatan. Sebanyak 63 kapal yacht  dari 15 negara  juga akan ikut memeriahkan Sail Sabang. Selain itu  berbagai atraksi dan pameran juga akan di laksanakan pada acara tersebut. [Randi/rel]

Related posts