Irwandi: TPA Gampong Jawa akan kita pindah

Ilustrasi, Irwandi saat sidak Proyek Ipal di Gampong Pande, Sabtu (11/11). (Kanal Aceh/Randi)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang terletak di Gampong Jawa, Banda Aceh, akan segera dipindahkan. Pasalnya lokasi itu dinilai tidak tepat dan sangat berdekatan dengan tempat penemuan makam para ulama dan Raja dari Kerajaan Aceh.

Hal itu dikatakan oleh Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf saat sidak lokasi proyek Instalasi Pengolahan Air Limbah (Ipal), Sabtu (11/11) Sore sekira pukul 17:10 WIB. Agenda Sidak tersebut dilakukan saat ia tiba di Bandara Sultan Iskandar Muda, langsung menuju Gampong Pande.

Pemindahan TPA Gampong Jawa itu akan dilaksanakan Tahun depan dan lokasinya akan dipindah ke Blang Bintang, Aceh Besar. “Bulan empat nanti kita akan pindahkan TPA itu ke sana (Blang Bintang),” ujarnya.

Pihak Pemerintah Aceh juga akan melakukan MoU dengan Pemerintah Kabupaten Aceh Besar, soal pemindahan TPA itu ke daerah Blang Bintang. “Kita akan teken MoU, kita akan minta permintaan (Pemindahan),” ujar Irwandi.

Apalagi akses menuju titik nol Banda Aceh, harus melewati TPA Gampong Jawa yang menyemburkan bau yang kurang sedap bagi yang melintasi kawasan itu. [Randi]

Related posts