Finis ketiga, Marquez juara dunia MotoGP 2017

Finis ketiga, Marques juara dunia MotoGP 2017
Marc Marquez juara dunia MotoGP 2017. (Mirco Lazzari gp/Getty Images)

Valencia (KANALACEH.COM) – MotoGP Valencia 2017 tuntas. Dani Pedrosa jadi pemenang, Marc Marquez finis ketiga tapi cukup membuat jadi juara dunia karena Andrea Doviozoso out.

Pada balapan yang dihelat di sirkuit Riccardo Tormo, Minggu (12/11) malam WIB, Pedrosa memenangi duel dengan Johan Zarco di lap terakhir untuk kemudian finis pertama.

Namun, sorotan tentu mengarah kepada Marquez dan Dovizioso yang bersaing memperebutkan gelar juara dunia. Pada akhirnya Marquez-lah yang jadi pebalap terbaik musim ini setelah finis ketiga di Valencia, sementara Dovizioso malah out di lap ke-24.

Marquez menuntaskan musim dengan 298 poin sementara Dovizioso harus puas jadi runner-up dengan 261 poin.

Jalannya balapan

Begitu lampu hijau menyala, Marc Marquez langsung tancap gas untuk mempertahankan posisi terdepan. Start makin sempurna baginya karena rekan setimnya, Dani Pedrosa, berhasil merangsek ke posisi kedua dari start kelima.

Begitu melewati tikungan pertama di lap pertama, Pedrosa pun seperti jadi pelindung untuk Marquez dari kejaran rival-rivalnya seperti Johan Zarco, Aleix Espargaro, dan Jorge Lorenzo. Sementara itu Andrea Dovizioso melesat dari posisi kesembilan ke urutan keenam.

Di turn 4 lap kedua, Zarco berhasil melewati Pedrosa untuk membuntuti Marquez di posisi terdepan. Lorenzo berhasil naik ke posisi keempat disusul Dovizioso.

Di lap ketiga, Zarco akhirnya menyalip Marquez di tikungan ketika pebalap Repsol Honda sedikit kehilangan konsentrasi karena menengok ke belakang.

Setengah balapan berjalan, Zarco masih memimpin balapan sementara Marquez terus menguntit dari belakang. Marquez sendiri terlihat tidak ngotot untuk mengejar Zarco mengingat pesaingnya, Dovizioso, juga masih tertahan di posisi kelima.

Pedrosa juga tetap berada di posisi ketiga diikuti Lorenzo. Sementara itu Valentino Rossi ada di posisi keenam. Jika posisi ini terus bertahan hingga lap ke-30 maka Marquez bakal jadi juara dunia musim ini.

Dovizioso sendiri terlihat masih kesulitan hingga lap ke-18 untuk setidaknya menyalip Lorenzo yang ada di depannya. Tim Ducati sendiri belum memberikan team order untuk Lorenzo membiarkan Dovizioso menyalipnya.

Marquez akhirnya menyalip Zarco di lap ke-23 dan setelahnya dia nyaris terjatuh di belokan pertama sebelum melebar ke luar lintasan. Marquez akhirnya turun ke posisi kelima karena disalip Lorenzo dan Dovizioso.

Bencana datang untuk Ducati di lap ke-24 karena berturut-turut pebalapnya jatuh. Pertama adalah Lorenzo saat menikung yang diikuti oleh Dovizioso. Meski sempat bangkit, Dovizioso akhirnya harus masuk pit karena motornya tak lagi mampu melanjutkan balapan.

Alhasil, Marquez pun dipastikan jadi juara dunia MotoGP musim ini, sementara Dovizioso harus puas sebagai runner-up.

Pedrosa pun menyalip Zarco di turn 1 pada lap terakhir untuk kemudian melintasi garis finis pertama kali. Marquez naik podium setelah menuntaskan balapan di posisi ketiga. [Detik.com]

Related posts