Solong Coffee, kedai kopi legendaris

Solong Coffee, kedai kopi legendaris
Solong Coffee. (Republika)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Aceh terkenal dengan kopinya yang enak. Kopi dari tanah Gayo ini pun akhirnya terkenal dan membuat siapa saja yang datang ke Aceh wajib mencicipinya.

Salah satu kedai kopi legendaris dari Banda Aceh, Aceh adalah Solong Coffee. Kedai kopi ini sudah mulai beroperasi sejak tahun 1974. Saat ini kedai kopo ini dipimpin oleh Haji Nawawi, generasi kedua pemilik Solong Coffee.

Nawawi mengungkapkan, awal mula hadirnya kedai ini karena sang ayah mendapatkan limpahan aset dari bosnya  seorang warga keturunan. Kala itu ayah Nawawi hanyalah seorang pedagang limun. Ia menitipkan dagangannya di kedai milik bos tersebut.

Namun ketika si pedagang hijrah ke Medan, semua asetnya yang tersisa berpindah tangan ke ayah Nawawi. Sejak saat itulah sang ayah mengubahnya menjadi kedai kopi. Dan ditahun 82 kedai ini dialihkan kepada Nawawi.

“Dikasih cuma-cuma… Awal di depan saja kemudian perluasan ke belakang,” jelasnya ketika ditemui wartawan di kedainya, Jumat (10/11).

Kedai ini menyediakan aneka kopi Aceh, terutama kopi Gayo. Harga yang ditawarkan bervariasi mulai dari Rp 7.000 sampai Rp 19 ribu. Ada kopi kampung (robusta) dan kopi espresso (arabica). Ada yang kopi hitam saja, kopi susu, dan lainnya.

Selain kopi, mereka juga sediakan kue-kue tradisional Aceh sebagai pendamping. Seperti kue ade, timpan, kue jala dan lainnya.

Mereka kini memiliki empat cabang. Yang paling besar dan pusatnya ada di Jalan T.Iskandar No.13 sampai 14, Ulee Kareng, Banda Aceh.  Di Ulee Kareng ini mereka bisa menjual 2.500 gelas kopi setiap harinya. Kedai ini buka dari pukul 6 pagi sampai jam 11 malam. [Republika.co.id]

Related posts