10 paus terdampar di perairan Aceh, 2 kritis

10 paus terdampar di perairan Aceh, 2 kritis
Ikan paus jenis Sperma yang terdampar di Pantai Ujong Kareung, Gampong Ujong Batee, Kecamatan Mesjid Raya, Kabupaten Aceh Besar, Senin (13/11). (Kanal Aceh/Randi)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – 10 ekor ikan paus jenis Sperma terdampar di Pantai Ujong Kareung, Gampong Ujong Batee, Kecamatan Mesjid Raya, Kabupaten Aceh Besar, Senin (13/11) mengalami kritis.

Dua dari 10 ekor tersebut, mengalami kritis. Namun kesepuluh paus tersebut masih hidup.

Saat ini, tim evakuasi berupaya menarik ikan paus tersebut kembali ke laut, agar dapat kembali ke habitatnya. Proses penarikan dilakukan dengan kapal maupun manual menggunakan jaring dan tali.

Satu persatu ikan paus tersebut berhasil dilepaskan. Namun, pantauan Kanalaceh.com di lokasi, baru 5 ekor paus yang berhasil dilepaskan.

Kepala Bidang Kelautan dan Perairan Dinas Kelautan Aceh, Nur Mahdi menyebutkan, diperkirakan paus itu sedang bermigrasi dari Samudera Hindia ke Samudera Pasifik atau sebaliknya.

Namun, saat sedang melintasi Selat Melaka secara bersama-sama, ikan paus itu diduga tersangkut atau terbawa arus ke Perairan Aceh.

“Kalau ada satu yang terluka lalu terdampar atau berbelok arah, maka yang lain bakal mengikuti. Sehingga terdampar secara bersama,” ujar pada wartawan dilokasi.

Sebelumnya, paus itu ditemukan oleh nelayan setempat pada pukul 10:30 WIB. Lalu melaporkan ke pihak yang bersangkutan.

“Sekitar jam 10an lah. Saya kira tadi apa, rupanya ikan paus, baru saya kasih tau warga lainnya dan pak Kepala Desa, ” ujar Anwar nelayan setempat. [Randi]

Related posts