Sail Sabang, jumlah kapal dan jadwal pelayaran ditambah

Sail Sabang, jumlah kapal dan jadwal pelayaran ditambah
Ilustrasi - Kapal lambat KMP BRR di Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh. (Kanal Aceh/Fahzian)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Menjelang pelaksaan even Sail Sabang, jumlah kapal dan jadwal pelayaran menuju Kota Sabang ditambah. Hal ini untuk mendukung pelakasanaan gelaran internasional itu.

Nanti, akan ada penambahan satu unit Kapal Motor Penumpang (KMP) Belanak yang didatangkan dari Medan, Sumatera Utara. Penambahan moda transportasi umum itu akan berlangsung selama 4 hari.

“Alhamdulillah untuk Sail Sabang sudah kita siapkan semua termasuk penambahan kapal yaitu KMP Belanak,” kata Nahkoda kapal KMP BRR, Muhammad Noer, di Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh, dilansir Detik.com, Jumat (17/11).

“Frekuensi pelayaran selama Sail Sabang juga kita tambah. Penambahan jadwal pelayaran ini dimulai sejak 24 November atau empat hari sebelum pelaksaan Sail Sabang,” tambah dia.

Dengan adanya penambahan satu kapal, maka penumpang yang akan berangkat ke Sabang akan diangkut oleh tiga kapal lambat.

Ketiganya yaitu KMP BRR, KMP Belanak dan KMP Tanjung Burang. Sementara untuk kapal cepat yaitu Ekspres Bahari 2F, Ekspres Bahari 8B dan Ekspres Cantika 89.

Untuk KMP BRR sendiri, kata Muhammad, dapat menampung 450 hingga 500 penumpang ditambah 40 unit kendaraan roda empat. Selain itu, kapal ini juga mampu mengangkut 100-an motor dan 26 unit truk.

Meski demikian, Muhammad mengaku akan mempertimbangkan dan melihat kondisi selama pelaksaan Sail Sabang. Jika jumlah kendaraan meningkat, maka pihaknya akan mengurangi truk berbadan besar.

Penyelenggaraan Sail Sabang 2017 dimulai pada 28 November hingga 5 Desember 2017. Lebih dari 100 kapal yacht dari berbagai negara ditambah dengan kapal-kapal lainnya, termasuk KRI Bima Suci, akan mengikuti Toll Ship Parade pada acara puncak di tanggal 2 Desember di Teluk Sabang, Pelabuhan CT-3. Acara puncak rencananya akan dihadiri Presiden Joko Widodo. []

Related posts