Debit air sungai naik, warga Kuta Baro diminta waspada

Debit air sungai naik, warga Kuta Baro diminta waspada
Danramil 08/Kota Baro, Kapten Inf Mutrisno meninjau kondisi sungai yang ada di Desa Cot Lame da Desa Ule Alue, Kecamatan Kuta Baro, Kabupaten Aceh Besar, Selasa (28/11). (Ist)

Jantho (KANALACEH.COM) – Komandan Koramil (Danramil) 08/Kota Baro, Kapten Inf Mutrisno bersama anggotanya meninjau langsung kondisi arus sungai yang berada di Desa Cot Lame da Desa Ule Alue, Kecamatan Kuta Baro, Kabupaten Aceh Besar, Selasa (28/11).

Pasalnya, debit air yang ada di sungai tersebut meningkat akibat curah hujan yang terus turun dalam beberapa hari terakhir.

Dalan tinjauan itu, Kapten Inf Mutrisno memberikan penyuluhan dan menghimbau kepada warga setempat agar selalu waspada terhadap kondisi cuaca yang sering turun hujan seperti sekarang ini.

“Kami meninjau bertujuan agar mengantisipasi terjadinya luapan air sungai ke perkampungan warga yang dapat menimbulkan banjir,” katanya.

Himbauan yang dilakukan pihaknya kepada warga yang berada di sekitar sungai adalah untuk dapat mengaktifkan pos-pos ronda, dan bersiaga memantau kondisi arus sungai.

“Karena aliran arus sungai semakin tinggi dan deras, dengan adanya pos-pos ronda tersebut keadaan sungai akan selalu terpantau kondisinya,” ujar Mutrisno.

Dia juga telah memerintahkan seluruh Bintara Pembina Desa (Babinsa) agar selalu memantau dan memonitor keadaan desa binaan masing-masing yang rawan banjir.

“Jadi sewaktu-waktu terjadi bencana siap untuk diterjunkan untuk membantu warga,” jelas Mutrisno. [Aidil/rel]

Related posts