Meriahkan Sail Sabang, KRI Bima Suci angkut 94 taruna

Meriahkan Sail Sabang, KRI Bima Suci angkut 94 taruna
94 taruna dan taruni menyanyika yel-yel di atas KRI Bima Suci usai bersandar di Pelabutan CT-3 Badan Pengusahaan dan Kawasan Bebas Sabang (BPKS), Selasa (28/11). (Disbudpar Aceh)
--Ads--
loading...

Sabang (KANALACEH.COM) – Dalam rangka memeriahkan even Sail Sabang 2017 yang berlangsung sepekan ke depan di Kota Sabang, sejumlah kapal pesiar dan kapal laut terus berdatangan ke Pelabutan CT-3 Badan Pengusahaan dan Kawasan Bebas Sabang (BPKS).

Sehari sebelumnya, Senin (27/11), Kapal Pesiar Costa Victoria yang mengangkut 1.980 penumpang termasuk wisatawan muslim dari berbagai negara berlabuh di Pelabuhan CT-3 tersebut.

Pada pagi tadi, Selasa (28/11), kembali tiba Kapal Repulik Indonesia (KRI) Bima Suci dengan membawa 94 taruna-taruni maritim di Pelabuhan CT-3 BPKS.

Ads

Kedatangannya disambut meriah para Penari Ranup Lampuan yang turut dihadiri Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Aceh Reza Fahlevi, Danlanal Sabang Kolonel Laut (P) Kicky Salvachdie dan Kepala Dinas Pariwsata Kota Sabang Ali Taufik.

Kadisbudpar Aceh Reza Fahlevi saat menyambut kedatangan KRI Bima Suci mengatakan, kedatangan kapal tersebut dalam rangka memeriahkan perhelatan Sail Sabang yang berlangsung sejak Selasa 28 November hingga 5 Desember mendatang.

Masyarakat sambut kedatangan KRI Bima Suci di Sabang
KRI Bima Suci bersandar di dermaga Container Terminal 3 BadanĀ  Pengusahaan kawasan Sabang (CT 3 BPKS), Selasa (28/11). (Kanal Aceh/Randi)

Reza Fahlevi mengaku bangga dengan kedatangan KRI Bima Suci bersama para peserta 94 taruna dan taruni yang akan ikut memeriahkan Sail Sabang 2017.

“Kedatangan kapal Bima Suci ini merupakan awal dari kemeriahan Sail Sabang. Kita bisa lihat warga sangat senang bahkan berebut ingin masuk ke dalam kapal,” kata Reza.

Diaa menambahkan, satu kapal lagi kebanggaan Indonesia lainnya juga akan tiba di Sabang yaitu KRI Dewa Ruci. Kapal itu nantinya akan bersandar di Sabang dan akan menampilkan atraksi di depan Presiden yang dijadwalkan tiba pada 2 Desember mendatang.

“Para tarunan dua kapal itu nantinya akan menampilkan atraksi rool parade di atas kapal. Semoga ini bisa menjadi puncak kemeriahan Sail terbesar yang pernah ada,” sebut Reza.

Reza berharap, dengan hadirnya dua KRI itu mampu memancing minat para wisatawan baik dari luar maupun dalam negeri untuk hadir di Sabang dan menyaksikan berbagai even yang disuguhkan nantinya.

“Akan banyak even selama Sail Sabang berlangsung, semoga dengan hadirnya kapal ini bisa menjadi langkah awal dan memancing minat para wisatawan nusantara dan mancanegara untuk hadir di Aceh,” ujar Reza.

Seperti diberitakan, Sail Sabang 2017 akan berlangsung sejak tanggal 28 November hingga 5 Desember 2017. Puncak acara tersebut akan dibuka langsung oleh Presiden RI Joko Widodo pada tanggal 2 Desember 2017 di Pelabuhan CT-3 BPKS Sabang.

Sail Sabang 2017 sengaja digelar oleh pemerintah yang bertujuan untuk mempromosikan Sabang khususnya Aceh pada umumnya sebagai Destinasi Wisata Bahari Internasional.

Sejumlah acara menarik akan digelar dalam even terbesar akhir tahun 2017 di Sabang ini, seperti reli kapal pesiar internasional, seminar sains dan pameran, pekan budaya Aceh, parachuting, Sabang Wonderful dan Marine Expo, Sabang Air Competition, free lomba menyelam, lomba memancing, Sabang Bazaar dan sejumlah pergelaran menarik lainnya.

Sail Sabang ini, didesain secara profesional dengan melibatkan komunitas di daerah, tidak hanya untuk menarik dan menghibur semua pengunjung, tetapi juga untuk menciptakan Sail Sabang 2017 terlihat lebih berbeda dari sail-sail sebelumnya.

Sementara itu, pada Selasa (28/11) ini juga akan digelar pameran festival seni dan budaya oleh sejumlah peserta seni dan budaya di Aceh di arena Sabang Fair, Kota Sabang. Pada festival ini mereka akan memerankan sejumlah tarian dan seni budaya lainnya. [Aidil/rel]

Ads