Masyarakat sambut kedatangan KRI Bima Suci di Sabang

Masyarakat sambut kedatangan KRI Bima Suci di Sabang
KRI Bima Suci bersandar di dermaga Container Terminal 3 Badan  Pengusahaan kawasan Sabang (CT 3 BPKS), Selasa (28/11). (Kanal Aceh/Randi)

Sabang (KANALACEH.COM) – KRI Bima Suci hari ini bersandar di dermaga Container Terminal 3 Badan  Pengusahaan kawasan Sabang (CT 3 BPKS), Selasa (28/11). Kedatangan kapal latih ini disambut baik oleh masyarakat Kota Sabang.

Setibanya di dermaga, ribuan warga mengantri untuk bisa menikmati naik ke kapal yang memiliki panjang 111 meter tersebut. Mereka sekedar berswafoto dengan KRI Bima Suci.

Pantauan Kanalaceh.com, para siswa yang masih berseragam sekolah dan masyarakat umum silih berganti untuk naik ke atas kapal. Kemudian mengeksplorasi dari depan hingga belakang kapal yang badannya terbuat dari besi tersebut.

“Kapalnya unik. Jarang kita lihat juga,” sebut Siska seorang siswa.

Salah seorang pengunjung lainnya, Didik mengatakan, ia sengaja membawa sekitar 15 anak muridnya untuk melihat secara langsung KRI Bima Suci. Sebab, kapal ini baru pertama singgah di Sabang.

“Ini baru kita lihat. Jarang sekali di Sabang kapal yang mirip pinisi ini singgah di Sabang,” katanya pada Kanalaceh.com di dermaga CT 3 BPKS Sabang, Aceh.

KRI Bima Suci bersandar di dermaga Container Terminal 3 Badan  Pengusahaan kawasan Sabang (CT 3 BPKS), Selasa (28/11). (Kanal Aceh/Randi)

Untuk itu, ia memanfaatkan momen kehadiran KRI Bima Suci bersama anak muridnya.

Komandan Pangkalan Angkatan Laut Sabang, Kolonel Laut (P) Kicky Salvachdie mengatakan, KRI Bima Suci ini merupakan kapal layar baru atau kapal latih buatan Spanyol.

Dijelaskannya, singgah ke Sabang untuk menyukseskan kegiatan Sail Sabang 2017, setelah diproduksi dari Spanyol berlayar ke Italia, Mesir, Arab dan Srilangka.

KRI Bima Suci ini, kata dia, memiliki panjang 111 meter dan lebar 15 meter dengan tiga tonggak utama dengan tinggi 52 meter dan 26 layar dibuat oleh Negara Spanyol.

“KRI Bima Suci ini merupakan kapal latih Taruna dan Taruni TNI AL, kita juga persilahkan masyarakat umum untuk melihat kapal ini,” kata Kicky Salvachdie.

Ia menyebutkan, KRI Bima Suci dijadwalkan akan mengisi kegiatan Sail Sabang seperti parade roll pada tanggal 2 Desember sewaktu Presiden Joko Widodo tiba di Sabang. Kemudian, kapal ini juga akan kembali berlayar keeseokan harinya.

“Dari jadwal yang kita terima, tanggal 3 Desember KRI Bima Suci akan kembali berlayar untuk mengikuti kegiatan hari armada,” sebutnya. [Randi]

Related posts