Ribuan hektare sawah di Aceh Utara terendam banjir

Ribuan hektare sawah di Aceh Utara terendam banjir
Sawah di Kecamatan Tanah Luas, Aceh Utara terendam banjir. (Ist)
--Ads--
loading...

Lhoksukon (KANALACEH.COM) – Akibat curah hujan yang tinggi dalam sepekan terakhir, mengakibatkan sejumlah kecamatan di Aceh Utara dilanda banjir dan ribuan hektare sawah siap panen terendam banjir.

Adapun kecamatan yang dilanda banjir akibat luapan Sungai Krueng Keureutoe dan jebolnya Krueng Pasee adalah Kecamatan Samudera, Kecamatan Syamtalira Aron, Kecamtan Nibong, Kecamatan Tanah Luas, Kecamatan Matang Kuli dan sekitarnya.

Camat Tanah Luas, Drs Mawardi kepada Kanalaceh.com menuturkan, musibah banjir tersebut akibat curah hujan tinggi yang mengguyur Kabupaten Aceh Utara dalam sepekan ini.

Ads

Dia mengaku sangat prihatin melihat kondisi warga dan para petani di wilayahnya yang sebagian besar saat ini sedang musim panen.

“Desa yang terkena banjir di wilayahnya di antaranya, Desa Teupin Me, Desa Blang, Desa Serba Jaman Baro, Desa Rayruk Kuta, Paya brandan dan Alue keujruen,” ujarnya.

Ia menambahkan, banjir ketinggian air mencapai 80 cm itu merendam rumah warga dan jalan. Meski begitu, warga memilih bertahan di rumahnya masing-masing.

“Karena banjir sifatnya hanya kiriman dari luapan Sungai Keureuto karena curah hujan tinggi,” kata Mawardi.

Ia menyebutkan, sawah yang terendam ada sekitar 1.500 hektare. “Padahal, sebagian tanaman padi sudah siap panen malah terendam sepenuhnya, dan sebagian lagi tinggal menunggu hitungan hari untuk dipanen,” jelas Mawardi.

Padi yang gagal panen akibat terendam banjir. (Ist)

Semantara Camat Matangkuli, Zulkifli, menyebutkan sebanyak 23 desa di Kecamatan Matangkuli, terendam banjir. Desa yang terendam banjir itu yakni Desa parang sikureung, Desa Baro, Desa Me, Desa Tanjong Tgk Ali, Desa Punti, Desa Tanjong Haji Muda, Desa Lawang, Desa Siren Pirak, Desa Munje Pirak, Desa Ceubrek, Desa Leubok, Desa Pante Perlak, Desa Hagu, Alue Thoe, Desa Meuria, Desa Tumpok Barat, Desa Alue Entok, Desa Tanjong Tgk Kari, Desa Tengoh, Desa Seuleumak, Desa Keude Matang Kuli, dan Desa Bringen.

Sementar itu banjir di Kecamatan Nibong akibat jebolnya Krueng Pase terjadi di Desa Blang dan Desa Tanjong Krueng Pase. Air mencapai ketinggian 30 cm hingga 50 cm di pekarangan rumah warga.

Adapun desa yang terendam banjir dalam Kecamatan Nibong diantaranya, Desa Alue Ngom, Desa Alue Panah, Desa Maddi, Desa Tanjung Putoh, Desa Selunyok, Desa Ranto, Nibong Baroh. [Rajali Samidan]