Bakti sosial di Aceh, KRI dr Soeharso merapat di Kuala Langsa

Bakti sosial di Aceh, KRI dr Soeharso merapat di Kuala Langsa
KRI dr Soeharso.
--Ads--
loading...

Langsa (KANALACEH.COM) – Operasi Bhakti TNI AL Surya Bhaskara Jaya ke-66 Tahun 2017 yang digelar di Pelabuhan Kuala Langsa, Kota Langsa diisi dengan kegiatan Bakti Sosial dan Pelayanan Kesehatan melalui KRI dr Soeharso di Pelabuhan Kuala Langsa, selama dua hari pada Minggu (10/12) dan Senin (11/12).

Walikota Langsa, yang diwakili oleh Sekda Kota Langsa, H Syahrul Thaib beserta unsur Forkopimda Kota Langsa menyambut kedatangan Tim Satgas Operasi Bhakti TNI Surya Bhaskara Jaya (SBJ) ke-66 Tahun 2017 yang diketuai oleh Komandan Satgas, Kolonel Laut Kesehatan Iswanto Budiman, Minggu (10/12).

Pada kegiatan itu Danlanal Lhokseumawe, Letkol Laut (P) M. Syamsul Rizal menyatakan bahwa, agenda kegiatan bakti sosial ini diantaranya, penyuluhan bela negara dan profil angkatan laut, penyuluhan hukum laut dan penyuluhan berlayar dengan aman kepada para nelayan dan juga penyerahan bantuan perlengkapan nelayan kepada masyarakat nelayan.

Ads

“Kemudian penyuluhan kesehatan mulut dan gigi kepada masyarakat, lalu dilanjutkan dengan penyerahan bantuan perlengkapan sekolah, serta sunat massal dan pemeriksaan kesehatan serta operasi besar/kecil secara gratis, adapun jumlah pasien yang sudah terdata totalnya sebanyak 1.021 pasien,” kata Syamsul Rizal.

Sementara menurut Ketua Tim Satgas Operasi SBJ ke-66 Tahun 2017, Kol Laut kesehatan dr Iswanto budiman menyampaikan, Satgas SBJ ini berangkat dari Jakarta dengan menggunakan Kapal KRI dr Soeharso menuju ke Pelabuhan Sabang dalam rangka pembukaan Kegiatan Sail Sabang yang langsung dibuka oleh Wakil Presiden, Jusuf Kalla.

Setelah Sail Sabang berakhir, KRI dr Soeharso ini keliling Aceh dalam rangka melaksanakan bakti sosial. “Kapal ini membawa anggota sebanyak 135  orang personil,” ujar Iswanto Budiman.

Dijelaskan Iswanto Budiman, kapal ini merupakan rumah sakit terapung di laut yang utuh dan dapat melaksanakan operasi besar maupun operasi kecil.

“Bagi pelayanan pasien akan dibawa dari darat menuju ke kapal dengan menggunakan boat atau perahu bahkan helikopter. Hal itu disebabkan KRI dr Soeharso tidak dapat merapat untuk berlabuh ke pelabuhan dikarenakan kedalaman air di Kawasan Pelabuhan Kuala Langsa ini yang sangat dangkal,” ujarnya.

Pada kesempatan itu Walikota Langsa yang diwakili Sekda, Syahrul Thaib memyampaikan bahwa, Pemerintah Kota Langsa sangat mengapresiasi kebijakan Mabes TNI AL dalam misi sosial kemanusiaan ini.

“Dengan misi ini warga Kota Langsa yang menderita sakit bisa mendapatkan pengobatan secara gratis, bahkan tindakan operasi juga telah disediakan fasilitas tenaga medis maupun paramedicnya,” ujar Syahrul Thaib.

Syahrul Thaib juga menambahkan, kegiatan ini tentu sangat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat daerah ini karena prosesnya relatif lebih cepat dan sederhana.

Pada kesempatan tersebut juga Sekda Kota Langsa menyampaikan ucapan selamat kepada Kodim 0104 Aceh Timur yang telah mendapatkan juara Pertama Lomba Binter Utama Tingkat Kodim se Indonesia. [Erza]

Ads