Catalunya siap gelar Pemilu Parlemen pascareferendum dari Spanyol

Catalunya siap gelar Pemilu Parlemen pascareferendum dari Spanyol
Relawan di Catalunya menyiapkan logistik Pemilu pasca referendum. (Reuters)
--Ads--
loading...

Catalunya (KANALACEH.COM)  Sesuai jadwal, wilayah otonomi Catalunya akan menggelar pemilihan daerah pada Kamis (21/12) pagi waktu setempat. Pemilihan tersebut dihelat untuk mengganti parlemen serta pemerintah daerah yang dibubarkan pemerintah pusat Spanyol menyusul referendum Catalunya.

Jelang pemilihan, mantan Presiden Catalunya, Puigdemont mengimbau para pengikutnya agar memberikan suara. Pria berkacamata itu mengingatkan bahwa yang penting bukan siapa yang terpilih, tetapi siapa yang menang, yaitu antara Spanyol atau wilayah otonomi Catalunya.

“Ini bukan pemilihan umum biasa. Yang dipertaruhkan bukan siapa yang akan mendapat suara terbanyak, tetapi apakah negara (Catalunya) atau (Perdana Menteri Spanyol Mariano) Rajoy yang menang,” ujar Carles Puigdemont lewat sebuah rekaman video, mengutip dari The Guardian.

Ads

Pria berusia 54 tahun itu diketahui sedang mengasingkan diri di Belgia di sebuah lokasi yang tidak pernah disebutkan sehingga melancarkan kampanye lewat video. Sementara itu, mantan Wakil Presiden Catalunya, Oriol Junqueras, rutin berkampanye dari balik jeruji besi.

Carles Puigdemont diperkirakan berada di wilayah Flanders, yang merupakan kawasan terkaya di Belgia sekaligus wilayah yang banyak dihuni kaum separatis.

Ia melarikan diri dan mencari suaka ke Belgia tidak lama setelah pemerintah Spanyol menerbitkan surat penangkapan karena dianggap memberontak terhadap negara.

Sebagaimana diketahui, pemerintah Spanyol membubarkan parlemen serta pemerintah daerah Catalunya setelah mendeklarasikan kemerdekaan.

Deklarasi tersebut dilakukan sesuai dengan ‘mandat’ referendum kemerdekaan Catalunya yang dihelat pada 1 Oktober. Madrid memandang referendum itu ilegal dan konstitusional. [Okezone]