Rektor Unsyiah lantik Mahdi Syahbandir sebagai Dekan FISIP

Rektor Unsyiah lantik Dekan FISIP baru
Rektor Unsyiah, Prof Samsul Rizal melantik Dekan FISIP baru, Dr Mahdi Syahbandir didampingi Wakil Rektor 1 Unsyiah, Dr Hizir. (Ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Rektor Universitas Syiah Kuala, Prof Samsul Rizal melantik Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) baru, Dr Mahdi Syahbandir, SH, M Hum, Jumat (29/12) di Loby VIP Gedung AAC Prof Dayan Dawood, Darussalam, Banda Aceh.

Prof Samsul dalam sambutannya berharap kepada Dekan FISIP terpilih untuk mampu berkiprah maksimal dalam memajukan FISIP menjadi lebih baik dengan bersinergi semua elemen di fakultas Unsyiah dan mengedepankan kebersamaan dalam bekerja dalam tim.

“Saat ini FISIP sudah menunjukan banyak perubahan positif dan saya harapkan trend tersebut dapat terus dijaga dan ditingkatkan. Targetnya minimal semua program studi di FISIP terakreditasi B dalam jangka pendek,” katanya.

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Dr Mahdi Syahbandir, SH, M Hum.

Kemudian, Prof Samsul juga menjelaskan bahwa ke depan, FISIP akan menggelar konferensi internasional di 2018 yang akan membahas topik revolusi industri 4.0.

Sementara Dekan terpilih Dr Mahdi Syahbandir, MA ketika diminta tanggapannya mengenai program-program unggulan menegaskan bahwa dirinya menginginkan FISIP di masa datang dapat lebih banyak memberikan kontribusi terhadap berbagai persoalan sosial politik baik dalam skala lokal, nasional dan internasional.

“FISIP merupakan potensi yang sangat berpengaruh dalam merespon beragam isu-isu sosial dan politik terkini, ke depan kita berharap FISIP Unsyiah dapat lebih maksimal lagi memainkan peran tersebut,” tuturnya.

Turut hadir dalam acara pelantikan tersebut Penjabat Dekan FISIP, Dr. Hizir yang juga sebagai Wakil Rektor I Unsyiah. Hizir menyebutkan bahwa salah satu tanggungjawab besarnya sebagai Pj Dekan FISIP adalah menyukseskan pemilihan dekan baru dikarenakan masa bakti dekan lama telah berakhir.

“Saya senang bahwa proses transisi kepemimpinan di FISIP berlangsung dengan lancar tanpa ada ada kendala yang berarti. Dekan terpilih adalah aspirasi dari internal FISIP yang wajib kita dukung, apalagi dalam waktu dekat salah satu prodi di FISIP akan menghadapi reakreditasi, ini membutuhkan kepemimpinan yang solid untuk mencapai hasil yang maksimal,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris Panitia Pemilihan Dekan FISIP, Rahmat Saleh, M.Comn. menyebutkan bahwa pemilihan Dekan FISIP telah berlangsung dengan baik dan telah memenuhi semua tahapan.

“Kami senang melihat antusiasme para kandidat yang mendaftar sebagai calon Dekan FISIP dan faktanya kami juga mensyukuri pemilihan Dekan berlangsung dengan sangat kondusif dan demokratis,” katanya.

Rahmat mengatakan pemilihan Dekan FISIP berlangsung dengan sangat transparan. Sesuai dengan aturan baik peraturan Rektor dan Kemenristek Dikti, panitia telah melaksanakan proses pemilihan dan semua tahapan sudah dilakukan berdasarkan persetujuan Senat Fakultas dan Rektor.

Sebagai dosen di FISIP, Rahmat menambahkan tantangan dalam kepemimpinan baru adalah konsolidasi internal. “Pemimpin yang baik harus mampu merangkul, komunikatif dan akomodatif terhadap berbagai isu-isu pada lembaga yang dipimpinnya,” jelas Rahmat. [Aidil/rel]

Related posts